Rabu, 04 Maret 2015

LAPORAN PPL

LAPORAN AKHIR
PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) II
KELOMPOK XXII
DI MI MUHAMMADIYAH BEJI












Laporan Ini Disusun Guna Sebagai Persyaratan
Telah Mengikuti Program Praktik Pengalaman Lapangan II (PPL)
Pada Semester Genap




Disusun Oleh :
RUSWATI
NIM. 1123305031




PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH
JURUSAN TARBIYAH
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI (STAIN)
PURWOKERTO
TAHUN 2015
HALAMAN PENGESAHAN

Bismillaahirrohmaanirrohiim
Setelah diadakan pengarahan, bimbingan dan koreksi seperlunya, Laporan Akhir Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) mahasiswa STAIN Purwokerto Tahun Akademik 2014/2015

Kelompok                   : XXII
Sekolah Latihan          : MI Muhammadaiyah Beji
Nama                           : Ruswati
NIM                            : 1123305031

Maka laporan ini dinyatakan layak dan telah memenuhi syarat dan dapat diterima sebagai laporan akhir PPL kelompok tersebut.
Demikian pengesahan ini diberikan agar dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.


Mengetahuii,
Kepala MI Muhammadiyah Beji



Umi Hidayati, S. Ag
NIP. 197205162005012004
Purwokerto, 2 Maret 2015

Dosen Pembimbing PPL



Muhammad Nurhalim, S. Pd.I., M. Pd.
NIP. 198112221 200901 1 008







KATA PENGHANTAR

Alhamdulillah, segala Puji Syukur bagi Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya kepada kita, sehingga pada kesempatan kali ini dapat menyelesaikan laporan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Beji, sebagai salah satu syarat untuk melengkapi mata kuliah Praktik Pengalaman Lapangan pada Jurusan Tarbiyah Sekolah Tinggi Agama Islam Purwoketo.
Sholawat serta salam semoga senantiasa tercurahkan kepada beliau nabi akhiru zaman Muhammad SAW, keluarga serta para sahabatnya dengan harapan semoga kita mendapatkan Syafa’at di hari akhir nanti.
Sehubungan dengan selesainya kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) pada jurusan tarbiyah, dalam pelaksanaannya kami mendapat bimbingan, bantuan, motivasi serta sarana dan saran dari berbagai pihak, sehingga kegiatan ini dapat berjalan sebagaimana mstinya, untuk itu dengan penuh hormat, kami menyampaikan rasa terima kasih kepada :
1.      Dr. H. A Luthfi Hamidi, M.Ag , selaku Ketua STAIN Purwokerto
2.      Nurfuadi, M. Pd. I, selaku ketua Laboratotium Jurusan Tarbiyah STAIN Purwokerto
3.      Muhammad Nurhalim, S. Pd.I., M. Pd. Selaku Dosen Pembimbing Lapangan PPL kelompok 22 STAIN Purwokerto
4.      Umi Hidayati, S. Ag, selaku Kepala MI Muhammadiyah Beji, yang telah menyediakan tempat untuk melaksanakan PPL.
5.      Rr Marhaeni Listyowati PY, S.Pd, selaku guru pamong yang selalu mendampingi, mengarahkan dan membimbing penulis selama PPL.
6.      Bapak, ibu dewan guru dan karyawan-karyawati MI Muhammadiyah Beji atas bantuannya selama pelaksanaan PPL.
7.      Warsito, Suwarni. Orang tua penulis yang selalu memberikan semangat lahir dan batin, serta do’a-do’a tulus mereka yang setiap saat memberikan dukungan yang tiada tara
8.      Teman-teman PPL STAIN Purwokerto atas kerjasamanya dan motivasinya serta berbagai bantuan moril dan materilnya, baik secara langsung maupun tidak langsung sehingga penulis dapat menyelesaikan PPL.
9.      Siswa-siswi Mi Muhammadiya Beji, yang dengan terbuka dan antusias menerima keberadaan praktikan
10.  Semua pihak yang telah membantu penulis baik psikis dalam melaksanakan PPL yang tidak bisa penulis sebutkan satu persatu.
Atas jerih payah dan bantuan beliau di atas, penulis merasa berhutang budi dan penulis tidak bisa membalasnya kecuali hanya bisa berdo’a semoga Alloh SWT. Memberikan balasan yang sebesar-besarnya untuk beliau-beliau.
Dalam penyusuanan laporan ini, penulis telah berusaha dengan segala kemampuan yang penulis miliki, namun penulis menyadari bahwa penyusunan laporan ini masih kurang sempurna. Untuk itu penulis mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari pembaca guna perbaikan dan penyempurnaan. Semoga laporan ini dapat bermanfaat bagi pembaca pada umumnya dari lembaga terkait pada khususnya.

Purwokerto, 2 Maret 2015
Praktikan



Ruswati
NIM. 1123305031










DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL .............................................................................................. i
HALAMAN PENGESAHAN ............................................................................... ii
KATA PENGANTAR .......................................................................................... iii
DAFTAR ISI .......................................................................................................... v
BAB I        PENDAHULUAN
GAMBARAN UMUM LOKASI PPL
A.    Profil Madrasah ............................................................................... 1
B.     Letak Geografis .............................................................................. 1
C.     Visi, Misi dan Tujuan Madrasah ..................................................... 1
BAB II       PELAKSANAAN PRAKTIK DI MI MUHAMMADIYAH BEJI
A.    Hasil orientasi .................................................................................. 3
B.     Hasil observasi mengajar ................................................................. 9
C.     Pelaksanaan praktik mengajar ....................................................... 10
D.    Pelaksanaan praktik persekolahan ................................................. 12
BAB III     PENUTUP
Kesimpulan Hasil Pelaksanaan ........................................................... 14
LAMPIRAN-LAMPIRAN
1.      Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
2.      Lembar Kegiatan Mahasiswa
3.      Daftar Hadir
4.      Eksul dan Pembiasaan
5.      Data Mengajar
6.      Tugas Administrasi Sekolah
7.      Jadwal Piket
8.      Foto Kegiatan
BAB I
PENDAHULUAN
GAMBARAN UMUM LOKASI PPL

A.    Profil Madrasah
Nama Madrasah                           : Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Beji
Stauts Sekolah                             : A
Alamat Madrasah                         : Jln. R. Soepeno No. 3 RT 03 RW 06
Desa                                             : Beji
Kecamatan                                   : Kedung Banteng
Kabupaten                                    : Banyumas
Provinsi                                        : Jawa Tengah
Tahun Berdirikan/SK Pendirian   : 1972
Nama Yayasan Penyelenggara     : Pimpinan Ranting Muhammadiyah Beji
Nomor Statistik Sekoilah             : 11123302017
Status Tanah                                : Yayasan, Luas Tanah = 1300 m2
                                                        Luas Bangunan          = 55,80 m2

B.     Letak Geografis
Secara geografis Mi Muhammadiyah Beji terletak di desa beji yaitu di Jalan Soepeno no 03 Kec. Kedung banteng Kab. Banyumas di sebelah barat SMP Muhammadiyah 09 Beji. Madarasah ini berbatasan dengan :
-          Sebelah Timur : SMP Muhammadiya 09 Beji
-          Sebelah Utara : sawah milik Bapak Sugiarto
-          Sebelah selatan : sawah milih Bapak Sunardi
-          Sebelah barat : sawah milik Bapak Nur Rais

C.    Visi dan Misi MI Muhammadiyah Beji
1.      Visi Madrasah
MI Muhammadiyah Beji sebagai lembaga pendidikan dasar bercirikan Islam perlu mempertimbangkan harpan murid, lembaga pengguna lulusan madrasah bermasyarakat dalam meeumuskan visinya. Mi Muhammadiyah Beji juga diharapkan merespon perkembangan dan tantangan masa depan dalam IPTEK yang sangat cepat. MI Muhammadiyah Beji ingin mewujudkan harapan dan respon dalam misi berikut:
“Beriman-Cerdas-Unggul-Islami”
2.      Misi Madrasah
a.       Menyelenggarakan pendidikan yang berkualitas dalam pencapaian prestasi akademik dan non akademik.
b.      Membiasakan untuk mengerjakan ajaran agama islam dalma kehidupan sehari-hari
c.       Meningkatkan pengetahuan dan nprofesionalisme tenaga pendidik dan kependidikan sesuai dengan perkembangan dunia pendidikan
d.      Melanjutkan perjuangan Muhammadiyah.
e.       Mengadakan sarana prasarana yang memadai.

3.      Tujuan Madrasah
a.       Terwujudnya insan yang cerdasberiman dan berbudi pekerti luhur.
b.      Terwujudnya lingkungan yang asri, indah, menyenangkan dan  cerdas
c.       Terwujudnya ruang belajar yang resepresentasif
d.      Terwujudnya kegiatan belajar mengajar yang kondusif,aktif dan kreatif.
e.       Terampil dan berprestasi dalam berbagai macam event.
f.       Terjalin kerja sama dengan pihak terkait dalam upaya peningkatan mutu dan pengembangan sekolah








BAB II
PELAKSANAAN PRAKTIK DI MI MUHAMMADIYAH BEJI

A.    Hasil Orientasi
1.      Sejarah berdirinya MI Muhammadiyah
MI Muhammadiyah Beji merupakan salah satu lembaga pendidikan dasar yang bernafaskan agama islam. Berdiri dibawah naungan majelis pendidikan Muhammadiyah yang dilatar belakangi oleh hal sebagai berikut:
a.      Kegiatan dari pengurus MI Muhammadiyah Beji bersama para lembaga Agama dan pemuka masyarakat untuk mewakili lembaga pendidikan yang bernafaskan islam sebagai salah satu upaya Muhammadiyah.
b.      Dukungan dari partisipasi masyarakat dengan para perintis dari pendiri lembaga tersebut.
Maka dengan bermodal tanah wakaf dengan ukuran 130 m3 dari salah satu seorang perintis yaitu bapak H. Nur Rais dan dukungan dari masyarakat Beji, berdirilah sebuag lembaga pendidikan dengan program pendidikan madrsah pada tanggal 1 Januari 1972, kemudian pada tanggal 8 Juni mengalami perubahan setatus menjadi Terdaftar.
Dalam perjalanannya madrasah ini mengalami peningkatan baik saran fisik maupun non fisik, dan jumlah siswa dan tenaga pengajar semakin meningkat. Setelah mengalami akreditasi pada tanggal 3-4 Agustus MI Muhammadiyah menjadi terkareditasi A dengan luas bangunan 565,80 m2.
2.      Keadaan Siswa, Guru dan Ruang Tahun 2014/2015
Data Guru Tahun 2014/2015
-          Jumlah Guru                      : 10
-          PNS DPK                         : 2
-          Guru Tetap/yayasan          : 8




-          Identitas Guru
No.
Nama
TTL
Pendidikan Terakhir
Alamat
Jabatan
1.
Umi Hidayati, S.Ag
Banyumas 16-5-1972
S1
Beji RT. 01 RW. 11
Kepala Madrasah
2.
Rr. Marhaeni LPY, S.Pd
Banyumas 4-7-1967
S1
Karang Nangka
Waka, Wali Kelas 5
3.
Titik Purwatiningsih, A.Ma
Magelang 15-9-1981
D2
Karang Nangka RT 03 RW V
Wali Kelas 1
4.
Risawati, A.Ma
Purbalingga 2-6-1987
D2
Beji RT 03 RW XII
Wali Kelas 2
5.
Supono
Banyumas
1-1 1961
SLTA
Purwanegara RT 03 RW 04
Wali kelas 3
7.
Suprijanto S.Pd
Banyumas
4-7- 1967
SI
Beji
Guru Mapel OR
8.
Hidayatul Hikmy S.Kom
Banyumas 12 April 1989
S1
Beji
Guru mapel
9.
Krisnu Meilia Wulandari
Banyumas 12-5- 1989
D1
Beji
Wali kelas 6
10.
Sulardi, S.Pd.I
Sukoharjo
16-04-1979
S1
Ajibarang Wetan, RT 01 RW VII
Guru Mapel
11.
Dwi Hantoro, S.Ag
Banyumas
20-05- 1972
S1
Karang nangka, RT 03 RW V
Guru mapel

Jumlah Siswa dalam 3 Tahun terakhir
KELAS
JUMLAH SISWA
KETERANGAN
2012/2013
2013/2014
2014/2015
I
20
21
20

II
18
24
24

III
24
22
22

IV
21
18
17

V
20
26
25

VI
9
21
20

JUMLAH
112
132
128


Jumlah rombongan belajar :
1.      Kelas I             : 1 Rombongan Belajar
2.      Kelas II                       : 1 Rombongan Belajar
3.      Kelas III                      : 1 Rombongan Belajar
4.      Kelas IV                      : 1 Rombongan Belajar
5.      Kelas V                       : 1 Rombongan Belajar
6.      Kelas VI                      : 1 Rombongan Belajar
3.      Kurikulum
Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan isi dan bahan pelajaran. Kurikulum  yang digunakan MI Muhammadiyah Beji yaitu Kurikulum Tingkat Satua Pendidikan atau Kurikulum 2006 ditambah dengan pendidikan karakter
PEMBAGIAN JAM PEMBELAJARAN SEMESTER II TAHUN 2014-2015
JAM
PUKUL
KEGIATAN
PETUGAS PIKET

06.30-07.00
Sholat Duha
Wali Kelas

07.00-07.30
Baca Al-Qur’an dan baca Iqra
Wali kelas
1
07.35-08.10
KBM
Wali Kelas
2
08.10-08.45
KBM
Wali Kelas
3
08.45-09.20
KBM
Wali Kelas

09.20-09.35
Isatirahat

4
09.35-10.10
KBM
Wali Kelas
5
10.10-10.45
KBM
Wali Kelas
6
10.45-11.20
KBM
Wali Kelas

11.20-11.35
Istirahat

7
11.35-12.10
KBM
Wali Kelas
8
12.10-12.45
KBM
Wali Kelas

12.45-13.15
Solat Dhuhur
Wali Kelas

13.15-14.00
Les/Ekstrakulikuler
Wali Kelas

4.      Adapun muatan kurikulum MI Muhammadiyah Beji meliputi Mata Pelajaran:
a.       Matematika
b.      IPA
c.       IPS
d.      Bahasa Indonesia
e.       PKN
f.       Bahasa Arab
g.      Olahraga
h.      Al-Quran Hadist
i.        Akhidah Akhlaq
j.        Fiqih
k.      SBK
l.        Bahasa Jawa
m.    Bahasa Inggris
5.      Program Bidang Kurikulum
-          Merangkum Mpel UN dan UAMBN/UM bagi siswa kelas 6
-          Membuat jadwal ulangan harian dan memberi tahukan hasil ulangan kepad aorang tua siswa.
-          Ualangan Semester
-          Rapat kenaikan dan kelulusan
-          Pembagian raport
-          Les kelas VI dilaksanakan selama 6 bulan setelah akhir semster I
-          Gerakan bebas buta Al-Qur’an dengan membaca Al-Quran setiap hari , ekstra Iqro bagi yang belum membaca Al-Quran.
-          Memunculkan tahfidz dengan menghafal Juz’ama kelas 1 -2 hafalan surat 28 surat, 3-4 menjadi 33 surat, kelas 5-6 hafalan jus 30.
-          Supervisi kelas
-          UN dan UAMBN/UM
-          Pembagian STTB
-          Pembinaan khusus siswa berprestasi
-          Kegiatan PPL sesuai jadwal.
6.      Sarana dan Prasarana
Keberadaan Ruang
Dana operasional dan perawatan        : BOS dan Komite Sekolah
            Keberadaan Ruang                             :
No.
RUANG
Ada
Tidak Ada
Kondisi
Baik
Rusak Ringan
Rusak Berat
1.
Ruang Kelas I
Ö

Ö


2.
Ruang Kelas II
Ö

Ö


3.
Ruang Kelas III
Ö

Ö


4.
Ruang Kelas IV
Ö

Ö


5.
Ruang Kelas V
Ö

Ö


6.
Ruang Kelas VI
Ö

Ö


7.
Ruang Kantor Kepala Madrasah
Ö

Ö


8.
Ruang Guru
Ö

Ö


9.
Ruang Laboratorium IPA

Ö



10.
Ruang Laboratorium Komputer

Ö



11.
Ruang Laboratorium Bahasa

Ö



12.
Ruang UKS
Ö

Ö


13.
Ruang Perpustakaan
Ö

Ö


14.
MCK
Ö

Ö


15.
Gudang
Ö

Ö


16.
Dapur
Ö

Ö


17.
Tempat Parkir
Ö

Ö


18.
Mushola
Ö

Ö



Fasilitas pendukung
a.       Seperangkat peralatan olahraga
b.      Seperangkat drumband, rebana dan kentongan.
Program bidang sarana dan prasarana
a.       Penambahan ruang kegiatan belajar
b.      Penambahan ruang belajar kelas
c.       Pendataan inventaris
d.      Penyusunan pem belian barang
e.       Pengadaan komputer
f.       Pekan wakaf Al-Quran dan Iqro
g.      Infak kelas setiap Jum’at
h.      Kegiatan 7 K
i.        Kegiatan kedisiplinan kelas
7.      Kesiswaan
Program bidang kesiswaan
a.       Penerimaan peserta didik
b.      Kegiatan rutin sholat dhuha dan dhuhur berjamaah
c.       Kegiatan lomba-lomba
d.      Pelepasan siswa kelas VI
e.       Gerakan budaya membaca (mading)
f.       Gerakan disiplin siswa
g.      Study Tour
h.      Wisuda Iqra dan Al-Qur’an
i.        Ramadhan in school
j.        Ekstrakulikuler (HW, beladiri, olahraga, prestasi, drum band, rebana, kaligrafi, dan gendingan/karawitan)
8.      Bimbingan dan penyuluhan
Bimbingan dilakukan oleh setiap wali kelas masing-amsing. Setiap ada siswa yang m,embutuhkan bimbingan maka wali kelas yang akan menindak lanjuti.
9.      Humas
Program bidang Humas
a.       Pertemuan wali kelas I sampai kelas VI
b.      Upacara bendera
c.       Memperingati  hari besar Agama Islam dan Nasional
d.      Mebgusahak beasiswa dari DIKDASMEN Muhammadiyah, tokoh masyarkat.
e.       Memonitor siswa yang mendapat beasiswa.
f.       Kerjasama dengan instansi lain.

B.     Hasil Observasi mengajar
Observasi mengajar dilaksanakan pada hari minggu pertama dimana setiap peserta PPL melakukan observasi mengajar terhadpa guru-guru madrasah yang sedang mengajar didalam kelas. Adapun tujuan dari mengajar dari observasi mengajar ini adalah untuk melihat dan mengamati bagaimna langkah-langkah dalam mel;aksanakan pembelajaran dikelas yaitu langkah-langkah yang harus dilakukan dari awal pembelajaran smapai akhir pembelajaran.
Kegiatan obnservasi mengajar ini juga merupakan suatu upaya untuk menambah pengalaman dan pengetahuan bagi peserta PPL dalam hal mengajar sehingga disaat memulai kegiatan/tugas untuk mengajar dikelas sudah dapat mengetahui apapun yang akan dilakukan.



C.    Pelaksanaan Praktik Mengajar
Pelaksanaan praktik mengajar mrupakan kegiatan pokok p[eserta PPL . pelaksanaan praktik mengajar merupaka kegiatan yang didalamanya mencakup aktivitas belajar ,mengajara yangh tel;ah dipersiapkan oleh pembimbing dan praktikan, sedangkan kegiatan ekstrakulikulewr merupakan keguatan menunjang yang merupakan kegiatan darinpelasanaan mengajar yang mencangkup kegiatan pemahaman dasar tentang pengelolaan sekolah baik berupa keuangan, administrasi dan tata rumah tangga sekolah.
Sebelum melaksanakan praktik mengajar peserta mengikuti pembekalan yang dilaksanakan STAIN Purwokerto pada tanggal 15-16 Januari 2015 kemudian penyerahan peserta PPL pada tanggal 19 Januari 2015dan dilanjutkan observasi pada tanggal 20 Januari 24 januari 2015. Tujuan dari observsi ini adalah untuk mengetahui hal-hal yang berkaiyan dengan MI Muhammadiyah Beji dan unsur yang didlamanya sehingga pesertya PPL akan lebih mengetahui tempat dan siap untuk melakukan kegiatan pembel;ajaran di kelas serta kegiatan yang berhubungan dengan pembelajaran tersebut.
Pada pelaksanaan pengajaran yang dinilai mulai tanggal 26 Januari – 25 februari 2015 di MI Muhammadiyah Beji. Peserta PPL di harapkan pada keadaan serta situasi siswa yang sebenarnya. Selain  tiu dalam praktik mengajar sangat membenatu dalam kegiatan dikelas karena guru pamong bukan hanya sebagai pembimbing dan pengawas tetapi juga sebagai pemberi saran, konsultasi bagi peserta PPL.
Peserta PPL dalam menjalankan praktik mengajar harus melalui beberapa tahapan, yaitu:
1.      Tahap persiapan
2.      Tahap pembuatan rencana Pelaksanaan Pembelajaran
3.      Tahap pembuatan media
4.      Tahap konsukltasi dan bimbingan
5.      Tahap mengajar yang meliputi: membuka pelajaran, melakukan apersepsi, menjalankan materi yang didalamnya terdapat kegiatan eksplorasi , elaborasi, dan konfirmasi.
6.      Tahap evaluasi
Kegiatan praktik mengajar masing-masing praktikan diwajibkan 5 kali pewrtemuan untuk mengetahui kegiatan mengajar pserta PPL dibimbing dan diberi jadwal pelaksaan. Adapun jadwalnya sebagi berikut:

Jadwal Praktek Mengajar Ke- 1
Hari / Tanggal    : 26 januari 2015
Mapel                 : Ilmu Pengetahuan Sosial (kelas 1)
SK                      : Mendeskripsikan lingkungan rumah
KD                     : Menceritakan kembali peristiwa penting
Guru Pamong     : Titik Purwantiningsih, A.Ma
Jadwal Praktek Mengajar Ke- 2
Hari / Tanggal    : 31 Januari 2015
Mapel                 : Sejarah Kebudayaan Islam (kelas 5)
SK                      : Mengenal peristiwa Fathu Makkah
KD                     : Menceritakan kronologi Fathu Makkah
Guru Pamong     : RR Marhaeni Listio PY S.Pd
Jadwal Praktek Mengajar Ke- 3
Hari / Tanggal    : 31 Januari 2015
Mapel                 : Fiqh (kelas 3)
SK                      : Mengenal puasa ramadhan
KD                     : Menjelaskan ketentuan puasa ramadhan
Guru Pamong     : Hidayatul Hikmy, S.Ag
Jadwal Praktek Mengajar Ke- 4
Hari / Tanggal    : 9 Februari 2015
Mapel                 : Matematika (kelas 2)
SK                      : Melakukan operasi hitung bilangan sampai tiga angka
KD                     : Melakukan operasi hitung campuran
Guru Pamong     : Risawati, A.Ma


Jadwal Praktek Mengajar Ke- 5
Hari / Tanggal    : 25 Februari 2015
Mapel                 : Bahasa Indonesia (kelas 4)
SK                      : mengungkapkan pikiran, perasaan dan informasi secara tertulis
KD                     : Menyusun karangan tentang berbagai topic sederhana dengan memperhatikan penggunaan ejaan (Huruf besar dan tanda baca)
Guru Pamong     : Sulardi, S.Pd. I

D.    Pelaksanaan Praktik Persekolahan
Pelaksanaan praktek lapangan dalam hal ini termasuk partisipasi dalam kegiatan intrakurikurel, ekstrakurikuler dan kegiatan lain di MI Muhammadiyah Beji pada tahun pelajaran 2014/2015 antara lain:
1.        Kegiatan intrakurikuler
Memonitoring sholat dhuha,iqro dan Al Quran yang dilaksanakan setiap hari.
2.        Kegiatan ekstrakurikuler
a.       Latihan Pramuka/HW untuk kelas 1 dan 2 pada hari senin
b.      Latihan Gendingan untuk siswa pada hari senin
c.       Latihan Takraw pada hari selasa
d.      Latihan Bulutangis pada hari rabu
e.       Latihan Hadroh pada hari kamis
f.       Lathan Pramuka/HW pada hari jumat
g.      Latihan Gendingan unuk guru pada hari sabtu
3.        Kegiatan lain
Kegiatan lain yang kami lakukan adalah:
a.         Mengisi buku Nilai
b.        Mengisi buku Leger
c.         Mendampingi senam setiap hari jumat
d.        Mengedrill siswa dalam memperlihat kan diri untuk mengikuti loma dalam rangka AKSIOMA. Lomba-lobanya antara lain:
·           Takraw
·           Bola voli
·           Catur
·           Lari
e.         Mendampingi kegiatan Baksos dan Jalan sehat
f.         Mendampingi sosialisasi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di TK sekitar Beji
g.        Melatih Hadroh siswa kelas 4
h.        Perpisahan
Dilaksanakan padahari Sabtu, 28 Februari 2015 bertempat di aula MI Muhammadiyah Beji



BAB III
PENUTUP

Kesimpulan Hasil Pelaksanaan
Kami panjatkan syukur kehadirat Alloh SWT karena kami dapat melaksanakan program PPL dan dapat meneyelesaikan dengan lancar, yaitu semua berkat kerja sama yang baik antar pihak-pihak yang terkait.
Program-program PPL kelompok 22 di Mi Muhammadiyah Beji dapat kami laksanakan siswa sesuai jadwal yang telah kami buat sendiri . adapun beberapa kegiatan yang membutuhkan penangan khusus kami konsultasikan dengan pihak sekolah dan DPL sesuai prosedur yang telah ditentukan.
PPL merupakan wahan mengaplikasikan pengetahuan dalam kaitannya dengan kegiatan pembelajaran selain itu juga menambah pengalaman dan ilmu yang snagat berguna. Guru pamong sangat membantu dalam memberikan bimbingan, pengarahan, serta  masukan sehingga kami lebih siap dalam melaksanakan kegiatan ini.
Peserta PPL di Mi Muhammadiyah Beji Kedungbanteng Banyumas memohon maaf apabila dalam pelaksanaan tugas memiliki banyak kekurangan dan dalam penulisan laporan banyak memiliki kesalahan kami menerima kritik dan saran yang membangun dari pihak lain agar kami dapat memahami kekurangan pelaksanaan tugas dan pembuatan laporan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar