LAPORAN AKHIR
PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) II
KELOMPOK XXII
DI MI MUHAMMADIYAH BEJI
Laporan Ini Disusun
Guna Sebagai Persyaratan
Telah Mengikuti Program
Praktik Pengalaman Lapangan II (PPL)
Pada Semester Genap
Disusun Oleh :
RUSWATI
NIM. 1123305031
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU MADRASAH
IBTIDAIYAH
JURUSAN TARBIYAH
SEKOLAH
TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI (STAIN)
PURWOKERTO
TAHUN
2015
HALAMAN PENGESAHAN
Bismillaahirrohmaanirrohiim
Setelah diadakan pengarahan,
bimbingan dan koreksi seperlunya, Laporan Akhir Praktik Pengalaman Lapangan
(PPL) mahasiswa STAIN Purwokerto Tahun Akademik 2014/2015
Kelompok :
XXII
Sekolah Latihan : MI Muhammadaiyah Beji
Nama :
Ruswati
NIM :
1123305031
Maka laporan ini dinyatakan layak
dan telah memenuhi syarat dan dapat diterima sebagai laporan akhir PPL kelompok
tersebut.
Demikian pengesahan ini diberikan
agar dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.
Mengetahuii,
Kepala MI Muhammadiyah Beji
Umi
Hidayati, S. Ag
NIP. 197205162005012004
|
Purwokerto, 2 Maret 2015
Dosen Pembimbing PPL
Muhammad
Nurhalim, S. Pd.I., M. Pd.
NIP. 198112221 200901 1 008
|
KATA PENGHANTAR
Alhamdulillah,
segala Puji Syukur bagi Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya
kepada kita, sehingga pada kesempatan kali ini dapat menyelesaikan laporan
Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Beji,
sebagai salah satu syarat untuk melengkapi mata kuliah Praktik Pengalaman
Lapangan pada Jurusan Tarbiyah Sekolah Tinggi Agama Islam Purwoketo.
Sholawat serta
salam semoga senantiasa tercurahkan kepada beliau nabi akhiru zaman Muhammad
SAW, keluarga serta para sahabatnya dengan harapan semoga kita mendapatkan
Syafa’at di hari akhir nanti.
Sehubungan
dengan selesainya kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Program Studi
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) pada jurusan tarbiyah, dalam
pelaksanaannya kami mendapat bimbingan, bantuan, motivasi serta sarana dan
saran dari berbagai pihak, sehingga kegiatan ini dapat berjalan sebagaimana
mstinya, untuk itu dengan penuh hormat, kami menyampaikan rasa terima kasih
kepada :
1.
Dr. H. A Luthfi Hamidi, M.Ag ,
selaku Ketua STAIN Purwokerto
2.
Nurfuadi, M. Pd. I,
selaku ketua Laboratotium Jurusan Tarbiyah STAIN Purwokerto
3.
Muhammad Nurhalim, S. Pd.I.,
M. Pd. Selaku Dosen Pembimbing Lapangan PPL kelompok 22 STAIN Purwokerto
4.
Umi Hidayati, S. Ag,
selaku Kepala MI Muhammadiyah Beji, yang telah menyediakan tempat untuk
melaksanakan PPL.
5.
Rr Marhaeni Listyowati
PY, S.Pd, selaku guru pamong yang selalu mendampingi, mengarahkan dan
membimbing penulis selama PPL.
6.
Bapak, ibu dewan guru
dan karyawan-karyawati MI Muhammadiyah Beji atas bantuannya selama pelaksanaan
PPL.
7.
Warsito,
Suwarni. Orang tua penulis yang selalu memberikan semangat lahir dan batin,
serta do’a-do’a tulus mereka yang setiap saat memberikan dukungan yang tiada
tara
8.
Teman-teman PPL STAIN
Purwokerto atas kerjasamanya dan motivasinya serta berbagai bantuan moril dan
materilnya, baik secara langsung maupun tidak langsung sehingga penulis dapat
menyelesaikan PPL.
9.
Siswa-siswi Mi
Muhammadiya Beji, yang dengan terbuka dan antusias menerima keberadaan
praktikan
10. Semua
pihak yang telah membantu penulis baik psikis dalam melaksanakan PPL yang tidak
bisa penulis sebutkan satu persatu.
Atas jerih payah
dan bantuan beliau di atas, penulis merasa berhutang budi dan penulis tidak
bisa membalasnya kecuali hanya bisa berdo’a semoga Alloh SWT. Memberikan
balasan yang sebesar-besarnya untuk beliau-beliau.
Dalam
penyusuanan laporan ini, penulis telah berusaha dengan segala kemampuan yang
penulis miliki, namun penulis menyadari bahwa penyusunan laporan ini masih
kurang sempurna. Untuk itu penulis mengharapkan kritik dan saran yang membangun
dari pembaca guna perbaikan dan penyempurnaan. Semoga laporan ini dapat bermanfaat
bagi pembaca pada umumnya dari lembaga terkait pada khususnya.
Purwokerto, 2 Maret 2015
Praktikan
Ruswati
NIM. 1123305031
DAFTAR
ISI
HALAMAN
JUDUL .............................................................................................. i
HALAMAN
PENGESAHAN ............................................................................... ii
KATA
PENGANTAR .......................................................................................... iii
DAFTAR
ISI .......................................................................................................... v
BAB
I PENDAHULUAN
GAMBARAN UMUM
LOKASI PPL
A.
Profil Madrasah ............................................................................... 1
B.
Letak Geografis .............................................................................. 1
C.
Visi, Misi dan Tujuan
Madrasah ..................................................... 1
BAB
II PELAKSANAAN
PRAKTIK DI MI MUHAMMADIYAH BEJI
A.
Hasil orientasi .................................................................................. 3
B.
Hasil observasi
mengajar ................................................................. 9
C.
Pelaksanaan praktik
mengajar ....................................................... 10
D.
Pelaksanaan praktik persekolahan ................................................. 12
BAB
III PENUTUP
Kesimpulan Hasil
Pelaksanaan ........................................................... 14
LAMPIRAN-LAMPIRAN
1.
Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran
2.
Lembar Kegiatan
Mahasiswa
3.
Daftar Hadir
4.
Eksul dan Pembiasaan
5.
Data Mengajar
6.
Tugas Administrasi
Sekolah
7.
Jadwal Piket
8.
Foto Kegiatan
BAB
I
PENDAHULUAN
GAMBARAN
UMUM LOKASI PPL
A. Profil Madrasah
Nama
Madrasah :
Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Beji
Stauts
Sekolah : A
Alamat
Madrasah : Jln. R.
Soepeno No. 3 RT 03 RW 06
Desa :
Beji
Kecamatan : Kedung
Banteng
Kabupaten : Banyumas
Provinsi : Jawa
Tengah
Tahun
Berdirikan/SK Pendirian : 1972
Nama
Yayasan Penyelenggara : Pimpinan
Ranting Muhammadiyah Beji
Nomor
Statistik Sekoilah :
11123302017
Status
Tanah :
Yayasan, Luas Tanah = 1300 m2
Luas
Bangunan = 55,80 m2
B. Letak Geografis
Secara
geografis Mi Muhammadiyah Beji terletak di desa beji yaitu di Jalan Soepeno no
03 Kec. Kedung banteng Kab. Banyumas di sebelah barat SMP Muhammadiyah 09 Beji.
Madarasah ini berbatasan dengan :
-
Sebelah Timur : SMP
Muhammadiya 09 Beji
-
Sebelah Utara : sawah
milik Bapak Sugiarto
-
Sebelah selatan : sawah
milih Bapak Sunardi
-
Sebelah barat : sawah
milik Bapak Nur Rais
C. Visi dan Misi MI
Muhammadiyah Beji
1.
Visi Madrasah
MI
Muhammadiyah Beji sebagai lembaga pendidikan dasar bercirikan Islam perlu
mempertimbangkan harpan murid, lembaga pengguna lulusan madrasah bermasyarakat
dalam meeumuskan visinya. Mi Muhammadiyah Beji juga diharapkan merespon
perkembangan dan tantangan masa depan dalam IPTEK yang sangat cepat. MI
Muhammadiyah Beji ingin mewujudkan harapan dan respon dalam misi berikut:
“Beriman-Cerdas-Unggul-Islami”
2.
Misi Madrasah
a.
Menyelenggarakan
pendidikan yang berkualitas dalam pencapaian prestasi akademik dan non
akademik.
b.
Membiasakan untuk
mengerjakan ajaran agama islam dalma kehidupan sehari-hari
c.
Meningkatkan
pengetahuan dan nprofesionalisme tenaga pendidik dan kependidikan sesuai dengan
perkembangan dunia pendidikan
d.
Melanjutkan perjuangan
Muhammadiyah.
e.
Mengadakan sarana
prasarana yang memadai.
3.
Tujuan Madrasah
a.
Terwujudnya insan yang
cerdasberiman dan berbudi pekerti luhur.
b.
Terwujudnya lingkungan
yang asri, indah, menyenangkan dan
cerdas
c.
Terwujudnya ruang
belajar yang resepresentasif
d.
Terwujudnya kegiatan
belajar mengajar yang kondusif,aktif dan kreatif.
e.
Terampil dan
berprestasi dalam berbagai macam event.
f.
Terjalin kerja sama
dengan pihak terkait dalam upaya peningkatan mutu dan pengembangan sekolah
BAB
II
PELAKSANAAN
PRAKTIK DI MI MUHAMMADIYAH BEJI
A. Hasil Orientasi
1.
Sejarah berdirinya MI
Muhammadiyah
MI
Muhammadiyah Beji merupakan salah satu lembaga pendidikan dasar yang
bernafaskan agama islam. Berdiri dibawah naungan majelis pendidikan
Muhammadiyah yang dilatar belakangi oleh hal sebagai berikut:
a.
Kegiatan dari pengurus
MI Muhammadiyah Beji bersama para lembaga Agama dan pemuka masyarakat untuk
mewakili lembaga pendidikan yang bernafaskan islam sebagai salah satu upaya
Muhammadiyah.
b.
Dukungan dari
partisipasi masyarakat dengan para perintis dari pendiri lembaga tersebut.
Maka dengan bermodal
tanah wakaf dengan ukuran 130 m3 dari salah satu seorang perintis yaitu bapak
H. Nur Rais dan dukungan dari masyarakat Beji, berdirilah sebuag lembaga
pendidikan dengan program pendidikan madrsah pada tanggal 1 Januari 1972,
kemudian pada tanggal 8 Juni mengalami perubahan setatus menjadi Terdaftar.
Dalam perjalanannya
madrasah ini mengalami peningkatan baik saran fisik maupun non fisik, dan
jumlah siswa dan tenaga pengajar semakin meningkat. Setelah mengalami
akreditasi pada tanggal 3-4 Agustus MI Muhammadiyah menjadi terkareditasi A
dengan luas bangunan 565,80 m2.
2.
Keadaan Siswa, Guru dan
Ruang Tahun 2014/2015
Data Guru Tahun 2014/2015
-
Jumlah Guru : 10
-
PNS DPK :
2
-
Guru Tetap/yayasan : 8
-
Identitas Guru
No.
|
Nama
|
TTL
|
Pendidikan
Terakhir
|
Alamat
|
Jabatan
|
1.
|
Umi
Hidayati, S.Ag
|
Banyumas
16-5-1972
|
S1
|
Beji
RT. 01 RW. 11
|
Kepala
Madrasah
|
2.
|
Rr.
Marhaeni LPY, S.Pd
|
Banyumas
4-7-1967
|
S1
|
Karang
Nangka
|
Waka,
Wali Kelas 5
|
3.
|
Titik
Purwatiningsih, A.Ma
|
Magelang
15-9-1981
|
D2
|
Karang
Nangka RT 03 RW V
|
Wali
Kelas 1
|
4.
|
Risawati,
A.Ma
|
Purbalingga
2-6-1987
|
D2
|
Beji
RT 03 RW XII
|
Wali
Kelas 2
|
5.
|
Supono
|
Banyumas
1-1 1961
|
SLTA
|
Purwanegara RT 03 RW 04
|
Wali kelas 3
|
7.
|
Suprijanto S.Pd
|
Banyumas
4-7- 1967
|
SI
|
Beji
|
Guru Mapel OR
|
8.
|
Hidayatul Hikmy S.Kom
|
Banyumas 12 April 1989
|
S1
|
Beji
|
Guru mapel
|
9.
|
Krisnu Meilia Wulandari
|
Banyumas 12-5- 1989
|
D1
|
Beji
|
Wali kelas 6
|
10.
|
Sulardi, S.Pd.I
|
Sukoharjo
16-04-1979
|
S1
|
Ajibarang Wetan, RT 01 RW VII
|
Guru Mapel
|
11.
|
Dwi Hantoro, S.Ag
|
Banyumas
20-05- 1972
|
S1
|
Karang nangka, RT 03 RW V
|
Jumlah Siswa dalam 3 Tahun terakhir
KELAS
|
JUMLAH
SISWA
|
KETERANGAN
|
||
2012/2013
|
2013/2014
|
2014/2015
|
||
I
|
20
|
21
|
20
|
|
II
|
18
|
24
|
24
|
|
III
|
24
|
22
|
22
|
|
IV
|
21
|
18
|
17
|
|
V
|
20
|
26
|
25
|
|
VI
|
9
|
21
|
20
|
|
JUMLAH
|
112
|
132
|
128
|
|
Jumlah rombongan belajar :
1. Kelas
I : 1 Rombongan Belajar
2. Kelas
II : 1 Rombongan
Belajar
3. Kelas
III : 1 Rombongan Belajar
4. Kelas
IV : 1 Rombongan Belajar
5. Kelas
V : 1 Rombongan
Belajar
6. Kelas
VI : 1 Rombongan Belajar
3.
Kurikulum
Kurikulum
adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan isi dan bahan
pelajaran. Kurikulum yang digunakan MI
Muhammadiyah Beji yaitu Kurikulum Tingkat Satua Pendidikan atau Kurikulum 2006
ditambah dengan pendidikan karakter
PEMBAGIAN JAM PEMBELAJARAN SEMESTER II TAHUN 2014-2015
JAM
|
PUKUL
|
KEGIATAN
|
PETUGAS
PIKET
|
|
06.30-07.00
|
Sholat
Duha
|
Wali
Kelas
|
|
07.00-07.30
|
Baca
Al-Qur’an dan baca Iqra
|
Wali
kelas
|
1
|
07.35-08.10
|
KBM
|
Wali
Kelas
|
2
|
08.10-08.45
|
KBM
|
Wali
Kelas
|
3
|
08.45-09.20
|
KBM
|
Wali
Kelas
|
|
09.20-09.35
|
Isatirahat
|
|
4
|
09.35-10.10
|
KBM
|
Wali
Kelas
|
5
|
10.10-10.45
|
KBM
|
Wali
Kelas
|
6
|
10.45-11.20
|
KBM
|
Wali
Kelas
|
|
11.20-11.35
|
Istirahat
|
|
7
|
11.35-12.10
|
KBM
|
Wali
Kelas
|
8
|
12.10-12.45
|
KBM
|
Wali
Kelas
|
|
12.45-13.15
|
Solat
Dhuhur
|
Wali
Kelas
|
|
13.15-14.00
|
Les/Ekstrakulikuler
|
Wali
Kelas
|
4.
Adapun muatan kurikulum
MI Muhammadiyah Beji meliputi Mata Pelajaran:
a.
Matematika
b.
IPA
c.
IPS
d.
Bahasa Indonesia
e.
PKN
f.
Bahasa Arab
g.
Olahraga
h.
Al-Quran Hadist
i.
Akhidah Akhlaq
j.
Fiqih
k.
SBK
l.
Bahasa Jawa
m.
Bahasa Inggris
5.
Program Bidang
Kurikulum
-
Merangkum Mpel UN dan
UAMBN/UM bagi siswa kelas 6
-
Membuat jadwal ulangan
harian dan memberi tahukan hasil ulangan kepad aorang tua siswa.
-
Ualangan Semester
-
Rapat kenaikan dan
kelulusan
-
Pembagian raport
-
Les kelas VI
dilaksanakan selama 6 bulan setelah akhir semster I
-
Gerakan bebas buta
Al-Qur’an dengan membaca Al-Quran setiap hari , ekstra Iqro bagi yang belum
membaca Al-Quran.
-
Memunculkan tahfidz
dengan menghafal Juz’ama kelas 1 -2 hafalan surat 28 surat, 3-4 menjadi 33
surat, kelas 5-6 hafalan jus 30.
-
Supervisi kelas
-
UN dan UAMBN/UM
-
Pembagian STTB
-
Pembinaan khusus siswa
berprestasi
-
Kegiatan PPL sesuai
jadwal.
6.
Sarana dan Prasarana
Keberadaan
Ruang
Dana
operasional dan perawatan : BOS dan
Komite Sekolah
Keberadaan
Ruang :
No.
|
RUANG
|
Ada
|
Tidak Ada
|
Kondisi
|
||
Baik
|
Rusak Ringan
|
Rusak Berat
|
||||
1.
|
Ruang Kelas I
|
Ö
|
|
Ö
|
|
|
2.
|
Ruang Kelas II
|
Ö
|
|
Ö
|
|
|
3.
|
Ruang Kelas III
|
Ö
|
|
Ö
|
|
|
4.
|
Ruang Kelas IV
|
Ö
|
|
Ö
|
|
|
5.
|
Ruang Kelas V
|
Ö
|
|
Ö
|
|
|
6.
|
Ruang Kelas VI
|
Ö
|
|
Ö
|
|
|
7.
|
Ruang Kantor Kepala Madrasah
|
Ö
|
|
Ö
|
|
|
8.
|
Ruang Guru
|
Ö
|
|
Ö
|
|
|
9.
|
Ruang Laboratorium IPA
|
|
Ö
|
|
|
|
10.
|
Ruang Laboratorium Komputer
|
|
Ö
|
|
|
|
11.
|
Ruang Laboratorium Bahasa
|
|
Ö
|
|
|
|
12.
|
Ruang UKS
|
Ö
|
|
Ö
|
|
|
13.
|
Ruang Perpustakaan
|
Ö
|
|
Ö
|
|
|
14.
|
MCK
|
Ö
|
|
Ö
|
|
|
15.
|
Gudang
|
Ö
|
|
Ö
|
|
|
16.
|
Dapur
|
Ö
|
|
Ö
|
|
|
17.
|
Tempat Parkir
|
Ö
|
|
Ö
|
|
|
18.
|
Mushola
|
Ö
|
|
Ö
|
|
|
Fasilitas
pendukung
a.
Seperangkat peralatan
olahraga
b.
Seperangkat drumband,
rebana dan kentongan.
Program
bidang sarana dan prasarana
a.
Penambahan ruang
kegiatan belajar
b.
Penambahan ruang
belajar kelas
c.
Pendataan inventaris
d.
Penyusunan pem belian
barang
e.
Pengadaan komputer
f.
Pekan wakaf Al-Quran
dan Iqro
g.
Infak kelas setiap
Jum’at
h.
Kegiatan 7 K
i.
Kegiatan kedisiplinan
kelas
7.
Kesiswaan
Program
bidang kesiswaan
a.
Penerimaan peserta
didik
b.
Kegiatan rutin sholat
dhuha dan dhuhur berjamaah
c.
Kegiatan lomba-lomba
d.
Pelepasan siswa kelas
VI
e.
Gerakan budaya membaca
(mading)
f.
Gerakan disiplin siswa
g.
Study Tour
h.
Wisuda Iqra dan
Al-Qur’an
i.
Ramadhan in school
j.
Ekstrakulikuler (HW,
beladiri, olahraga, prestasi, drum band, rebana, kaligrafi, dan
gendingan/karawitan)
8.
Bimbingan dan
penyuluhan
Bimbingan
dilakukan oleh setiap wali kelas masing-amsing. Setiap ada siswa yang
m,embutuhkan bimbingan maka wali kelas yang akan menindak lanjuti.
9.
Humas
Program
bidang Humas
a.
Pertemuan wali kelas I
sampai kelas VI
b.
Upacara bendera
c.
Memperingati hari besar Agama Islam dan Nasional
d.
Mebgusahak beasiswa
dari DIKDASMEN Muhammadiyah, tokoh masyarkat.
e.
Memonitor siswa yang
mendapat beasiswa.
f.
Kerjasama dengan
instansi lain.
B. Hasil Observasi mengajar
Observasi
mengajar dilaksanakan pada hari minggu pertama dimana setiap peserta PPL
melakukan observasi mengajar terhadpa guru-guru madrasah yang sedang mengajar
didalam kelas. Adapun tujuan dari mengajar dari observasi mengajar ini adalah
untuk melihat dan mengamati bagaimna langkah-langkah dalam mel;aksanakan
pembelajaran dikelas yaitu langkah-langkah yang harus dilakukan dari awal
pembelajaran smapai akhir pembelajaran.
Kegiatan
obnservasi mengajar ini juga merupakan suatu upaya untuk menambah pengalaman dan
pengetahuan bagi peserta PPL dalam hal mengajar sehingga disaat memulai
kegiatan/tugas untuk mengajar dikelas sudah dapat mengetahui apapun yang akan
dilakukan.
C. Pelaksanaan Praktik
Mengajar
Pelaksanaan
praktik mengajar mrupakan kegiatan pokok p[eserta PPL . pelaksanaan praktik
mengajar merupaka kegiatan yang didalamanya mencakup aktivitas belajar
,mengajara yangh tel;ah dipersiapkan oleh pembimbing dan praktikan, sedangkan
kegiatan ekstrakulikulewr merupakan keguatan menunjang yang merupakan kegiatan
darinpelasanaan mengajar yang mencangkup kegiatan pemahaman dasar tentang
pengelolaan sekolah baik berupa keuangan, administrasi dan tata rumah tangga
sekolah.
Sebelum
melaksanakan praktik mengajar peserta mengikuti pembekalan yang dilaksanakan
STAIN Purwokerto pada tanggal 15-16 Januari 2015 kemudian penyerahan peserta
PPL pada tanggal 19 Januari 2015dan dilanjutkan observasi pada tanggal 20
Januari 24 januari 2015. Tujuan dari observsi ini adalah untuk mengetahui
hal-hal yang berkaiyan dengan MI Muhammadiyah Beji dan unsur yang didlamanya
sehingga pesertya PPL akan lebih mengetahui tempat dan siap untuk melakukan
kegiatan pembel;ajaran di kelas serta kegiatan yang berhubungan dengan
pembelajaran tersebut.
Pada
pelaksanaan pengajaran yang dinilai mulai tanggal 26 Januari – 25 februari 2015
di MI Muhammadiyah Beji. Peserta PPL di harapkan pada keadaan serta situasi
siswa yang sebenarnya. Selain tiu dalam
praktik mengajar sangat membenatu dalam kegiatan dikelas karena guru pamong
bukan hanya sebagai pembimbing dan pengawas tetapi juga sebagai pemberi saran,
konsultasi bagi peserta PPL.
Peserta
PPL dalam menjalankan praktik mengajar harus melalui beberapa tahapan, yaitu:
1.
Tahap persiapan
2.
Tahap pembuatan rencana
Pelaksanaan Pembelajaran
3.
Tahap pembuatan media
4.
Tahap konsukltasi dan
bimbingan
5.
Tahap mengajar yang
meliputi: membuka pelajaran, melakukan apersepsi, menjalankan materi yang
didalamnya terdapat kegiatan eksplorasi , elaborasi, dan konfirmasi.
6.
Tahap evaluasi
Kegiatan praktik
mengajar masing-masing praktikan diwajibkan 5 kali pewrtemuan untuk mengetahui
kegiatan mengajar pserta PPL dibimbing dan diberi jadwal pelaksaan. Adapun
jadwalnya sebagi berikut:
Jadwal Praktek
Mengajar Ke- 1
Hari / Tanggal : 26 januari 2015
Mapel : Ilmu Pengetahuan Sosial (kelas
1)
SK :
Mendeskripsikan
lingkungan rumah
KD :
Menceritakan
kembali peristiwa penting
Guru Pamong : Titik Purwantiningsih, A.Ma
Jadwal Praktek Mengajar Ke- 2
Hari / Tanggal : 31 Januari 2015
Mapel : Sejarah Kebudayaan Islam
(kelas 5)
SK :
Mengenal
peristiwa Fathu Makkah
KD :
Menceritakan
kronologi Fathu Makkah
Guru Pamong : RR Marhaeni Listio PY S.Pd
Jadwal Praktek Mengajar Ke- 3
Hari / Tanggal : 31 Januari 2015
Mapel : Fiqh (kelas 3)
SK :
Mengenal
puasa ramadhan
KD :
Menjelaskan
ketentuan puasa ramadhan
Guru Pamong : Hidayatul Hikmy, S.Ag
Jadwal Praktek Mengajar Ke- 4
Hari / Tanggal : 9 Februari 2015
Mapel : Matematika (kelas 2)
SK :
Melakukan
operasi hitung bilangan sampai tiga angka
KD :
Melakukan
operasi hitung campuran
Guru Pamong : Risawati, A.Ma
Jadwal Praktek Mengajar Ke- 5
Hari / Tanggal : 25 Februari 2015
Mapel : Bahasa Indonesia (kelas 4)
SK :
mengungkapkan
pikiran, perasaan dan informasi secara tertulis
KD : Menyusun
karangan tentang berbagai topic sederhana dengan memperhatikan penggunaan ejaan
(Huruf besar dan tanda baca)
Guru Pamong : Sulardi, S.Pd. I
D. Pelaksanaan Praktik
Persekolahan
Pelaksanaan
praktek lapangan dalam hal ini termasuk partisipasi dalam kegiatan
intrakurikurel, ekstrakurikuler dan kegiatan lain di MI Muhammadiyah Beji pada
tahun pelajaran 2014/2015 antara lain:
1.
Kegiatan intrakurikuler
Memonitoring sholat dhuha,iqro dan
Al Quran yang dilaksanakan setiap hari.
2.
Kegiatan ekstrakurikuler
a.
Latihan Pramuka/HW untuk kelas 1
dan 2 pada hari senin
b.
Latihan Gendingan untuk siswa pada
hari senin
c.
Latihan Takraw pada hari selasa
d.
Latihan Bulutangis pada hari rabu
e.
Latihan Hadroh pada hari kamis
f.
Lathan Pramuka/HW pada hari jumat
g.
Latihan Gendingan unuk guru pada
hari sabtu
3.
Kegiatan lain
Kegiatan lain yang kami lakukan
adalah:
a.
Mengisi buku Nilai
b.
Mengisi buku Leger
c.
Mendampingi senam setiap hari jumat
d.
Mengedrill siswa dalam memperlihat
kan diri untuk mengikuti loma dalam rangka AKSIOMA. Lomba-lobanya antara lain:
·
Takraw
·
Bola voli
·
Catur
·
Lari
e.
Mendampingi kegiatan Baksos dan
Jalan sehat
f.
Mendampingi sosialisasi Penerimaan
Peserta Didik Baru (PPDB) di TK sekitar Beji
g.
Melatih Hadroh siswa kelas 4
h.
Perpisahan
Dilaksanakan padahari Sabtu, 28
Februari 2015 bertempat di aula MI Muhammadiyah Beji
BAB
III
PENUTUP
Kesimpulan
Hasil Pelaksanaan
Kami panjatkan
syukur kehadirat Alloh SWT karena kami dapat melaksanakan program PPL dan dapat
meneyelesaikan dengan lancar, yaitu semua berkat kerja sama yang baik antar
pihak-pihak yang terkait.
Program-program
PPL kelompok 22 di Mi Muhammadiyah Beji dapat kami laksanakan siswa sesuai
jadwal yang telah kami buat sendiri . adapun beberapa kegiatan yang membutuhkan
penangan khusus kami konsultasikan dengan pihak sekolah dan DPL sesuai prosedur
yang telah ditentukan.
PPL merupakan
wahan mengaplikasikan pengetahuan dalam kaitannya dengan kegiatan pembelajaran
selain itu juga menambah pengalaman dan ilmu yang snagat berguna. Guru pamong
sangat membantu dalam memberikan bimbingan, pengarahan, serta masukan sehingga kami lebih siap dalam
melaksanakan kegiatan ini.
Peserta PPL di
Mi Muhammadiyah Beji Kedungbanteng
Banyumas memohon maaf apabila dalam pelaksanaan tugas memiliki banyak
kekurangan dan dalam penulisan laporan banyak memiliki kesalahan kami menerima
kritik dan saran yang membangun dari pihak lain agar kami dapat memahami
kekurangan pelaksanaan tugas dan pembuatan laporan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar