Kemampuan menganalisis instrumen
Penilaian hasil belajar
Disusun
dan diajukan guna memenuhi tugas terstruktur
Mata
kuliah : Evaluasi Pembelajaran
Dosen
pengampu : Abu Dharin, S.Ag., M.Pd.
Disusun
oleh :
1.
Faradila khoerunnisa 1123305012
2.
Umi khasanah 1123305018
3.
Erna setyowati 123305020
4.
Syarifiani 1123305026
5.
Ruswati 1123305031
6.
Siti laeliyah hidayatun 1123305046
Tarbiyah/
5 PGMI-A
SEKOLAH
TINGGG1 AGAMA ISLAM NEGERI (STAIN)
PURWOKERTO
2013
A.
Pendahuluan
Kemampuan menganalisis instrumen
penilaian hasil belajar adalah salah satu kemampuan kognitif tingkat tinggi
yang penting untuk dikuasai siswa dalam pembelajaran yang dapat digunakan untuk
mempermudah seseorang melakukan tugas atau mencapai tujuan secara efektif atau
efisien yang ditujukan untuk mengetahui tercapainya tujuan pembelajaran dan
juga proses pembelajaran yang telah dilakukan sebagai babak final dalam
pembelajaran memiliki peran yang sangat penting. Ketepatan pemilihan metode
penilaian hasil belajar, indikator yang digunakan dan jenis/alat penilaian
memiliki adil besar dalam berhasil tidaknya proses penilaian.
Evaluasi pembelajaran adalah proses untuk
menentukan nilai pembelajaran yang dilaksanakan, dengan melalui kegiatan
pengukuran dan penilaian pembelajaran. Evaluasi hasil belajar antara lain
mengunakan tes untuk melakukan pengukuran hasil belajar.
Dalam kesempatan kali ini. kami
dari pemakalah akan memaparkan sedikit mengenai analisis hasil belajar yang
akan menekankan dan mengulas mengenai indeks kesukaran, daya beda, distraktor
dan pengenalan raseh. Adapun mengenai analisis hasil pembelajaran dengan
ciri-ciri yang lainnya bisa dipelajari sendiri.
B.
Pembahasan
Sebuah Instrumen Evaluasi Hasil
Belajar Hendaknya mementihi Syarat sebelum digunakan untuk mengevaluasi atau
mengadakan penilaian agar terhindar dari kesalahan dan hasil yang tidak valid
(tidak sesuai kenyataan sebenarnya). Alat evaluasi yang kurang baik dapat
mengakibatkan hasil penilaian menjadi bisa atau tidak sesuainya hasil penilaian
dengan kenyataan yang sebenarnya: Jika terjadi demikian perlu ditanyakan apakah
persyaratan instrumen yang digunakan menilai sudah sesuai dengan kaidah-kaidah
penyusunan instrumen.
Instrumen Evaluasi
yang baik memiliki
ciri-ciri dan harus memenuhi beberapa kaidah antara lain:
•
Validitas
•
Reliabilitas
•
Objectivitas
•
Pratikabilitas
•
likomonis
•
Indeks Kesukaran
1.
Indeks kesukaran
Instrumen yang baik terdiri dari
butir-butir instrumen yang tidak terlalu mudah dan tidak terlalu sukar. Butir
soal yang terlalu mudah tidak mampu merangsang audiens mempertinggi usaha
memecahkannya sebaliknya kalau terlalu sukar membuat audiens putus asa dan
tidak memiliki semangat untuk mencoba lagi karena di luar jangkauannya. Di
dalam istilah evaluasi indeks kesukaran ini diberi simbul p yang dinyatakan
dengan "proporsi".
Rumus mencari P adalah :
P = ![](file:///C:/Users/neo9/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image002.gif)
![](file:///C:/Users/neo9/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image002.gif)
P = indeks kesukaran
B = banyaknya siswa yang
menjawab soal itu dengan betul
JS = jumlah seluruh siswa peserta tes
Contoh: ada
20 orang dengan
nama kode A
s.d S yang mengajarkan tes yang terdiri dari 20
soal. Jawaban tesnya dianalisis (1 = jawaban betul: 0 = jawaban salah)
Siswa
|
Nomor Soal
|
Skor siswa
|
|||||||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|
7
|
8
|
9
|
1
0
|
1
1
|
1
2
|
1
3
|
1
4
|
1
5
|
1
6
|
1
7
|
1
8
|
1
9
|
2 0
|
|
|
A
|
1
|
1
|
0
|
0
|
1
|
0
|
1
|
1
|
0
|
1
|
1
|
0
|
1
|
0
|
1
|
1
|
1
|
1
|
0
|
1
|
13
|
B
|
0
|
1
|
0
|
0
|
1
|
0
|
1
|
1
|
0
|
0
|
1
|
1
|
1
|
1
|
0
|
0
|
0
|
1
|
1
|
1
|
11
|
C
|
1
|
1
|
0
|
0
|
1
|
1
|
1
|
1
|
0
|
1
|
0
|
1
|
1
|
0
|
1
|
1
|
0
|
1
|
1
|
1
|
14
|
D
|
0
|
1
|
0
|
0
|
1
|
1
|
0
|
1
|
0
|
0
|
0
|
1
|
1
|
1
|
0
|
0
|
0
|
1
|
1
|
0
|
9
|
U
|
1
|
1
|
(1
|
0
|
1
|
0
|
1
|
1
|
0
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
0
|
1
|
1
|
|
1
|
0
|
14
|
F
|
0
|
0
|
0
|
1
|
1
|
1
|
0
|
I
|
0
|
0
|
1
|
1
|
1
|
0
|
0
|
0
|
1
|
0
|
|
0
|
8
|
G
|
1
|
0
|
0
|
1
|
0
|
0
|
1
|
1
|
0
|
1
|
0
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
I
|
0
|
1
|
1
|
13
|
H
|
0
|
0
|
0
|
l
|
0
|
0
|
I
|
l
|
0
|
0
|
0
|
1
|
1
|
0
|
1
|
0
|
1
|
0
|
1
|
r
|
9
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
0
|
1
|
1
|
0
|
I
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
0
|
1
|
1
|
1
|
17
|
.1
|
0
|
1
|
1
|
I
|
1
|
0
|
1
|
1
|
0
|
0
|
1
|
1
|
1 H
|
l
|
0
|
1
|
0
|
1
|
1
|
1
|
13
|
K.
|
1
|
1
|
0
|
0
|
0
|
0
|
t
|
1
|
0
|
1
|
0
|
1
|
1
|
0
|
0
|
1
|
1
|
0
|
1
|
0
|
10
|
L
|
0
|
0
|
1
|
0
|
0
|
1
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
|
1
|
0
|
0
|
0
|
1
|
0
|
|
0
|
4
|
M
|
1
|
0
|
0
|
0
|
1
|
0
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
0
|
1
|
0
|
1
|
1 1
|
|
1
|
13
|
N
|
0
|
1
|
1
0
|
0
|
1
|
1
|
1
|
1
|
0
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
0
|
1
|
|
1
|
1.
|
16
|
O
|
0
|
1
|
|
1
|
1
|
1
|
1
|
0
|
0
|
0
|
0
|
1
|
1
|
1
|
0
|
0
|
0
|
0
|
1
|
1
|
K)
|
P
|
1
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
1
|
0
|
1
|
1
|
1
|
1
|
0
|
0
|
0
|
0
|
1
|
1
|
1
|
9
|
Q
R
~s
|
0
|
t
|
0
|
1
|
1
|
0
|
1
|
1
|
0
|
1
|
1
|
1
|
1
|
0
|
0
|
0
|
0
|
1
|
|
1
|
U
|
|
1
0
|
1
|
0
|
1
|
1
|
0
|
1
|
1
|
1
|
0
|
0
|
1
|
1
|
1
|
1
|
0
|
1
|
1
|
0
|
1
|
14
|
|
|
1
|
0
|
1
|
1
|
10
|
1
|
1
|
0
|
0
|
0
|
1
|
1
|
1
|
0
|
0
|
0
|
1
|
0
|
1
|
10
|
juml ah
|
1
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Maka dapat ditafsirkan bahwa :
-
Soal nomor I mempunyai taraf kesukaran 10/20=0.5
-
Soal nomor 9 adalah soal yang tersukar karena hanya
dapat dijawab betul oleh 2 orang P=2/20= 0.1
-
Soal nomer 13 adalah yang paling mudah karena seluruh
siswa peserta tes. dapat menjawab.
Indeks kesukarannya= 20/20= 0.1
Menurut ketentuan yang sering diikuti, indeks
kesukaran sering diklasifikasikan sebagai berikut:
•
Soal dengan P 1,00 sampai 0,30 adalah soal sukar
•
Soal dengan P 0,30 sampai 0,70 adalah soal sedang
•
Soal dengan P 0,70 sampai 1,00 adalah soal mudah2
2.
Daya beda
Daya pembeda soal, adalah
kemampuan sesuatu soal untuk membedakan antara siswa yang pandai ( berkemampuan
tinggi ) dengan siswa yang bodoh ( berkemampuan rendah ). Angka yang menunjukan
besarnya daya pembeda disebut indeks diskriminasi, disingkat D.
Seperti halnya indeks kesukaran,
indeks diskriminasi ( daya pembeda ) ini berkisar antara 0,00 sampai 1,00.
Hanya bedanya, indeks kesukaran tidak mengenal tanda negative, tanda negative
(-), tetapi pada indeks diskriminasi ada tanda negative. Panda negatif pada
indeks diskriminasi digunakan jika sesuatu soal " terbalik "
menunjukan kualitas testee. Yaitu anak pandai disebut bodoh dan anak bodoh
disebut pandai.
Dengan demikian ada tiga titik
pada daya pembeda yaitu :
![](file:///C:/Users/neo9/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image003.gif)
![](file:///C:/Users/neo9/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image004.gif)
Daya
pembeda daya pembeda daya pembeda
Negative
rendah tinggi
(Positif)
Rumus
mencari D.
Rumus untuk menentukan indeks
diskriminasi adalah :
D=
|
BA
|
-
|
BB
|
=PA-PB
|
JB
|
JB
|
Keterangan
:
J =
Jumlah peserta tes.
JA = Banyaknya peserta kelompok atas.
JB =
Banyaknya peserta kelompok bawah.
BA = Banyaknya peserta kelopmok
atas yang menjawab soal itu dengan benar.
![Text Box: BA
JA](file:///C:/Users/neo9/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image005.gif)
![Text Box: BB
JB](file:///C:/Users/neo9/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image006.gif)
PB = = proporsi peserta kelompok
bawah yang menjawab benar.
Contoh perhitungan .
Dari hasil analisa tes yang
terdiri dari 10 butir soal yang dikerjakan oleh 20 orang siswa, terdapat dalam
table sebagai berikut : Tabel Analisa 10 butir soal, 20 soal.
sisw
a
|
kelo
mpo k
|
Nilai
siswa
|
Skor
|
|||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
siswa
|
||
A
|
B
|
1
|
0
|
1
|
0
|
0
|
0
|
1
|
1
|
1
|
0
|
5
|
B
|
A
|
0
|
1
|
1
|
I
|
1
|
1
|
0
|
0
|
1
|
1
|
7
|
C
|
A
|
1
|
0
|
1
|
0
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
8
|
D
|
B
|
0
|
0
|
1
|
0
|
0
|
1
|
1
|
1
|
1
|
0
|
5
|
K
|
A
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
10
|
F
|
B
|
1
|
1
|
0
|
0
|
0
|
1
|
1
|
1
|
1
|
0
|
6
|
G
|
B
|
0
|
1
|
0
|
0
|
0
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
6
|
H
|
B
|
0
|
I
|
1
|
0
|
0
|
1
|
0
|
1
|
1
|
1
|
6
|
I
|
A
|
1
|
1
|
1
|
0
|
0
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
8
|
J
|
A
|
1
|
1
|
1
|
1
|
0
|
0
|
1
|
0
|
1
|
1
|
7
|
K
|
A
|
1
|
1
|
1
|
0
|
0
|
1
|
1
|
1
|
1
|
0
|
7
|
L
|
B
|
0
|
1
|
0
|
1
|
1
|
0
|
0
|
1
|
1
|
0
|
5
|
M
|
B
|
0
|
1
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
1
|
1
|
0
|
3
|
N
|
A
|
0
|
0
|
1
|
0
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
7
|
O
|
A
|
1
|
1
|
0
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
9
|
P
|
B
|
0
|
1
|
0
|
0
|
0
|
1
|
0
|
0
|
1
|
0
|
3
|
Q
|
A
|
1
|
1
|
0
|
I
|
0
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
8
|
R
|
A
|
1
|
1
|
1
|
1
|
0
|
1
|
1
|
1
|
1
|
0
|
8
|
S
|
B
|
1
|
0
|
1
|
0
|
0
|
1
|
1
|
1
|
1
|
0
|
6
|
T
|
B
|
0
|
1
|
0
|
1
|
0
|
1
|
1
|
1
|
1
|
0
|
6
|
jumlah
|
11
|
15
|
12
|
g
|
6
|
16
|
15
|
17
|
20
|
10
|
|
Berdasarkan nama-nama siswa dapat kita peroleh skor- skor sebagai
berikut:
A =5 F =6 K
= 7 P = 3
B = 7 G
= 6 L = 5 Q
= 8
C = 8 H
= 6 M =3 R = 8
D =5 I =8 N
=7 S =6
E =10 J
= 7 O
=9 T =6
Dari angka-angka yang belum
teratur kemudian dibuat array (urutan penyebaran), dari skor yang paling tinggi
ke skor yang paling rendah.
Kelompok
alas Kelompok bawah
10
6
9
6
8
6
8
6
8
6
8
5
7
5
7
5
7
3
7 3
10
orang 10 orang
Array ini sekaligus menunjukan
adanya kelompok atas ( JA ) dan kelompok bawah (/s) dengan pemiliknya sebagai
berikut :
B = 7
|
A =5
|
C = 8
|
D = 5
|
E = 10
|
F = 6
|
I = 8
|
G = 6
|
J = 7
|
H = 6
|
K = 7
|
L = 5
|
N = 7
|
M =3
|
0 = 9
|
P = 3
|
Q = 8
|
S = 6
|
R = 8
|
T = 6
|
10
orang
|
10
orang
|
Perhatikan pada tabel analisa 10
butir soal 20 siswa. Dibelakang nama siswa dituliskan huruf A atau 15 sebagai
tanda kelompok. Hal ini untuk mempermudah menentukan HA dan Bg. BA = banyaknya
siswa yang menjawab benar pada kelompok atas (A) BB = Banyak siswa yang
menjawab benar pada kelompok bawah (B).
Marilah kita perhatikan tabel
analisa lagi, khusus untuk butir soal nomor 1.
-
Dari kelompok atas yang menjawab betul 8 orang
-
Dari kelompok bawah yang menjawab betul 3 orang
Kita terapkan dalam rumus indeks diskriminasi :
JA=10
|
|
PA=0,8
|
JB=10
|
|
PB=0,3
|
|
|
|
|
||
BA=8
|
|
BB=3
|
|
Maka D = PA-PB
= 0,8-0,3
= 0.5
Dengan demikian maka indeks
diskriminasi untuk soal nomor 1 adalah 0,5
Sekarang kita perhatikan butir
soal nomor 8 :
JA=10
|
|
PA=0,8
|
JB=10
|
|
PB=0,9
|
|
|
|
|
||
BA=8
|
|
BB=9
|
|
Maka D = PA-PB
= 0,8-0,9
= -0.1
Butir soal ini jelek lebih banyak
dijawab benar oleh kelompok bawah dibandingkan dengan jawaban benar dari
kelompok atas. Ini berarti bahwa untuk menjawab soal dengan benar, dapat dilakukan
dengan menebak.
Butir-butir soal yang baik adalah
butir-butir soal yang mempunyai indeks diskriminasi 0,4 sampai 0,7
Klarifikasi daya pembeda :
D = 0,00 - 0,20 : jelek (poor)
D = 0,20 - 0,40 : cukup (satisfactory)
D = 0,40-0. 70 : baik (good)
D = 0.70 - 1,00 : baik sekali (excellent)
D = negatif, semuanya tidak baik. jadi semua
butir soal yang mempunyai nilai D negatif sebaiknya dibuang saja.
3.
Keberfungsian Distraktor
Analisis fungsi distraktor
dilakukan khusus untuk soal bentuk objektif model pilihan ganda {multiple
choice item). Didalain soal pilihan ganda dilengkapi dengan beberapa altemative
jawaban yang disebut dengan oplion (opsi). Opsi biasa berkisar antara 3 sampai dengan
5 buah. Dari opsi tersebut terdapat salah satu jawaban yang benar dan itu yang
disebut dengan kunci jawaban, sedangkan sisanya merupakan jawaban salah yang
disebut dengan distraktor (pengecoh)
Distraktor dinyatakan telah dapat
menjalankan fungsinya dengan baik apabila:
a.
Paling tidak dipilih oleh 5% peserta tes.
b.
Lebih banyak dipilih oleh kelompok bawah.
4.
Pengenalan rasch
Model rasch sering disebut dengan
item analisis. Item analisis untuk tes krilerion yang juga sering disebut
penilaian acuan patokan, pada prinsipnya juga melihat setiap item atas dasar
tingkat kesulitan dan indeks pembeda yang dapat diuraikan seperti berikut.
1)
Tingkat Kesulitan
Tingkat kesulitan untuk tes
kriterion, tidak terlalu mendasarkan pada kemampuan item dalam membedakan
antara tinggi dan rendahnya siswa dalam menjawab soal pada suatu grup kelas.
Kesulitan setiap item tes kriterion pada prinsipnya ditentukan oleh hasil
belajar yang ingin diukur. Jika tugas dalam hasil pembelajaran memiliki tingkat
kwsulitan tinggi maka tes yang dibuat oleh evaluator juga direncanakan memiliki
tingkat kesulitan tinggi.
Dalam les mengacu pada penilaian
acuan patokan, tidak ada usaha yang dibuat untuk mengubah tingkat kesulitan
item tanpa melihat tugas dalam proses pembelajaran. Agar meningkatkan daya
pembeda atau mencapai penyebaran skor tes yang baik, forrnula baik untuk jenentukan
kesulitan item dapat diaplikasikan pada tes dengan penilaian patokan. Walaupun
demikian, hasilnya belum tentu dapat digunakan untuk memilih item atau
memanipulasi kesulitan item yang ada. Hal ini terjadi karena hampir semua item
pada tes kriterion biasanya mempunyai kesulitan tinggi atau rendah sesuai
dengan instruksi tes yang direncanakan.
2)
Indeks Pembeda
Kemampuan item tes untuk
membedakan antara siswa yang menjawab benar dalam kelompok tinggi dan siswa
yang menjawab benar dalam kelompok rendah pada umumnya tidak terlalu penting
untuk tes yang disusun dengan penilaian acuan patokan. Ada kemungkinan suatu
item mempunyai indeks pembeda rendah atau mendekati 0; ini berarti para siswa
dalam satu keklas memiliki dua peluang, yaitu
a)
semua menjawab benar, atau sebaliknya
b)
semua menjawab salah.
Dalam analisis item dengan
penilaian acuan normatif, maka item tersebut harus dibuang, karena tidak
memiliki daya pembeda. Sebaliknya, pada analisis item dengan penilaian acuan
patokan, item tersebut tetap memberikan informasi penting, yakni tentang siswa
dalam penampilan hasil pembelajaran di kelas.
Pertanyaan yang perlu
dipertimbangkan oleh seorang evaluator dalam menganalisis item pengan penilaian
acuan patokan adalah apakah item-item tes telah benar-benar mengukur pengaruh
instruksional atau pengajaran seorang guru? Untuk menjawab pertanyaan tersebut,
seorang guru perlu dianjurkan perlunya menerapkan prinsip eksperimen semu
(quasi experiment) di kelas. Eksperimen semua ini dapat dilakukan, slah satu
caranya dengan memberikan tes yang sama dua kali. Pertama, pada saat
pembelajaran berakhir, sebagai hasil pretes; kedua, sesudah proses pembelajaran
berakhir, sebagai hasil postes, hasil yang dicapai adalah dapat diperolehnya
indeks sensitivitas pengarung pengajaran (S) yang mengikuti formaula seperti
berikut.
S=
|
Ra-Rb
|
T
|
Di mana :
S = Sensitivitas pengaruh pengajaran
Ra = jumlah siswa menjawab benar sesudah
proses pengajaran
Rb = jumlah siswa menjawab benar sebelum
proses pengajaran
T = total siswa yang mengikuti kedua
proses testing.
Contoh :
Seorang guru hendak menerapkan
analisis item untuk mendapatkan nilai sensitivitas pengaruh pengajaran pada
sejumlah siswa dalam mata pelajarn statitiska. Hasilnya sebagai berikut.
Sensitivitas
Pengaruh Pengajaran
ITEM
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|||||
Petes
= b
|
b
|
a
|
b
|
a
|
b
|
a
|
b
|
a
|
b
|
a
|
Postes
= a
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Adi
|
-
|
+
|
+
|
+
|
-
|
-
|
+
|
-
|
-
|
+
|
Budi
|
-
|
+
|
+
|
+
|
-
|
-
|
+
|
-
|
+
|
+
|
Cinta
|
-
|
+
|
+
|
+
|
-
|
-
|
+
|
-
|
-
|
+
|
Dedi
|
-
|
+
|
+
|
+
|
-
|
-
|
+
|
-
|
-
|
-
|
Eka
|
-
|
+
|
+
|
+
|
-
|
-
|
+
|
-
|
+
|
+
|
Dalam tabel tersebut, tanda (+)
untuk jawaban benar, dan tanda (-) untuk jawaban salah dari setiap siswa yang
namanya tercantum pada kolom pertama. Hasil pretes diberi tanda (b) dan hasil
pretes dengan tanda (a). Apabila formula sensitivitas di atas digunakan untuk
analisis item dalam suatu tes, hasilnya dapat dilihat seperti dalam tabel 12.1
. dari analisis sensitivitas pengajaran dengan formula diatas, maka akan
diperoleh lima kemungkinan hasil sebagai berikut.
![]() |
Ra-Rb
|
T
|
|
Item S=
=+1,00 skor ideal
karena memiliki pengaruh sangat baik
Item 2 S = = 0,00 skor
sangat mudah, tidak memiliki daya pembeda.
|
|
|
Item 3 S = = 0,0 skor
sangat sukar, tidak memiliki daya pembeda.
Item 4 S = X = =
1.0 skor
ini merusak, karena tidak menunjukkan adanya sensitivitas pengaruh pengajaran.
Item 5 S= =
0,40 skor ini efektif,
karena mempunyai nilai sensitivitas 0.40.
Item ideal atau sempurna pada tes
kriterion menghasilkan indeks 1,00. Dalam implementasi, item nilai indeks
dikatakan efektif pada umumnya mempunyai nilai 0,00 sampai 1.00. Semakin tinggi
nilai positif, dapat diartikan item lebih sensitif terhadap pengaruh pengajaran
hasil belajar. Sebaliknya, item dengan nilai 0.0 dan nilai negatif berarti
iteitl tidak merefleksikan pengaruh pengajaran yang terencana.
Dalam tes kriterion pada umumnya
selalu ada jawaban penjebak (distraeter).
C.
Penutup
Daya Pembeda Dari pemaparan
makalah di atas maka dapat disimpulkan bahwa:
Ciri-ciri Instrumen Evaluasi yang
baik antara lain:
1.
Validitas
2.
Reliabilitas
3.
Objectivitas
4.
Pratikabilitas
5.
Ekomonis
6.
Indeks Kesukaran
Dalam analisis instrumen hasil
belajar ada empat metode yang dapat digunakan:
a.
Indeks kesukaran
b.
Daya beda
c.
Keberfungsian kistraktor
d.
Pengenalan rasch
DAFTAR PUSTAKA
Daryanto. 1999. Evaluasi
Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta
http://nurmaresti.wordprcss.com/2013/01
/06/cvaluasi-jcnis-non-tes/
http://www.nihayatulamai.com/index.php?option=com_content&view=article&id=35yo3Avvorkshop-analisis-soal&catid=6yo3Aguru-article&limitstart=2
http://wwwqolbu.blogspot.com/2013/10/teknik-instrumen-evaluasi-hasil-Belajar.html
Sukardi. 2008. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Suharsimi arikunto. 1993 Dasar-Dasar Evaluasi pendidikan.
Jakarta: Bumi Aksara
Tidak ada komentar:
Posting Komentar