Minggu, 28 Juni 2015

C.I.N.T.A


Siapa yang takut jatuh cinta? Setiap orang berhak untuk jatuh cinta dan setiap orang layak menerima dan memberi cinta.
C.I.N.T.A
Terdiri dari lima huruf dan begitu banyak definisi yang tercipta dari satu kata itu. Semua orang di dunia ini begitu tertarik dengan yang namanya cinta. Hampir semua inspirasi terlahir karena cinta.
Misalnya saja seorang penulis lagu menulis lirik ketika mereka sedang jatuh cinta dan putus cinta. Semua yang berkaitan dengan cinta selalu hadir menjadi maha karya yang indah untuk kita nikmati. Baik cinta itu membuat kita bahagia atau membuat kita terluka. Tak ada yang salah dengan cinta, orang-orang selalu membenarkan pengertian cinta menurut versi mereka sendiri.
Buat gue cinta itu merupakan hadiah yang begitu istimewa yang tuhan selipkan pada setiap jiwa manusia. Jadi beruntunglah karena kita masih bisa merasakan cinta, kita masih sanggup mencintai dan menerima cinta dari orang lain.
Lalu, apa itu cinta?
Benarkah cinta itu bagaikan gelombang yang menepuk dua belah bibir pantai dimana belahan yang satu akan selalu menghambat yang lain? Tapi mungkin cinta adalah sesuatu yang nggak bisa dijelaskan hanya dengan kata-kata. Tapi apa salahnya jika kita belajar mendefinisikannya? Jadi, apa itu cinta?
Cinta adalah mahakarya yang tak ternilai harganya. Tak bisa dibeli dengan apapun. Setiap insan berhak mencintai dan dicintai. Saat kita mencintai seseorang lantas tidak melulu kita harus nebdapatkan cinta yang sama dari seseorang tersebut.
Seperti layaknya filosofi bersedekah, kita tidak begitu mengharapkan balasannya. Penerimaan, ikhlas itulah hal yang dibutuhkan ketika memutuskan untuk mencintai, karena kita sedang memberi tidak harus berharap menerima hal yang sama.
Cinta tak harus mendapatkan balasan, sebagaimana kita mencintai Allah, mencintai Rasullullah, mencintai orang tua kita, mencintai buku-buku, teman-teman kita tanpa kita menginginkan balasan dari mereka dan begitupun sebaliknya ketika mereka mencintai kita tidak pula kita harus membalasnya dengan cara yang sama.
Kadang kitapun tidak begitu mengerti alasan kita mencintai mereka karena pada dasarnya cinta tidak membutuhkan alasan dan tak ada alasan dalam bercinta.
Berbahagialah orang-orang yang bisa mencintai orang lain, karena tidak semua orang dapat merasakan dan mengalaminya. Tidak semua orang sanggup untuk mencintai bahkan ketika harus mencintai tanpa dicintai.
Cinta memang bukan sesuatu yang harus diperbincangkan, ia hanya harus dirasakan. Dengan cinta, sesorang memperoleh semangat hidup bukan sebaliknya. Cinta akan selalu ada dihati kita tanpa bisa kita lihat. Cinta selalu hadir di jiwa.
Cinta memang bukan segala-galanya, tapi dari cinta kita bisa dapat segala-galanya. Cinta mengajarkan kita tentang rasa. Tentang perdamaian, tentang kebahagiaan, kesetiaan, kesopanan, kesabaran, keceriaan, kesedihan, kekecewaan, penyesalan, tentang senyuman, tangisan, tentang tawa dan banyak hal yang kita dapat dari cinta entah itu hal baik maupun kurang baik.
Cinta selalu mengajarkan segala-galanya. Mengajarkan kita untuk berdamai dengan diri kita sendiri, dengan masa lalu kita, juga berdamai dengan orang lain.
Ada yang mengatakan bahwa cinta itu seperti kertas putih, bila dijaga ia akan semakin putih bercahaya namun bila dikotori akan terasa sangat menyakitkan.
Cinta juga bisa timbul dari rasa benci yang mendalam pada seseorang dan banyak yang mengatakan perbedaan cinta dan benci itu sangat tipis. Tapi kita tidak bisa membenci orang yang kita cintai dan tak bisa membenci orang yang mencintai kita. Dua hal itu masuk dalam ranah yang berbeda.
Kita bisa selalu memikirkan orang yang kita cintai tapi tidak harus mencintai orang yang kita pikirkan. Mencintai itu letaknya dihati. Hati dan pikiran adalah dua dimensi yang berbeda. Sekeras-kerasnya otak berfikir tak akan mampu mengalahkan hati.
Katanya lagi, cinta itu bermula dari pandangan mata kemudian turun kehati. Emm menyukai seseorang belum bentu mencintainya tapi mencintai seseorang sudah pasti menyukainya kan? Dari suka menjadi sayang, dari sayang menjadi cinta, terus timbul rasa ingin memiliki hingga akhira tak ingin dipisahkan, begitu mungkin definisi sederhananya kenapa orang yang jatuh cinta cenderung selalu ingin memiliki.
Apa cinta hanya suatu ketertarikan terhadap lawan jenis yang didasari oleh sesuatu? Nggak kok! Cinta bukan Cuma buat lawan jenis, tapi cinta itu untuk semuanya bahkan cinta pada bintang, tumbuh-tumbuhan, alam, beserta apa yang ada didalamnya.
Orang jawa bilang witing tresno jalaran soko kulino. buat gue nggak harus kulino kok. Buktinya banyak kok orang yang jatuh cinta nggak perlu membutuhkan proses yang panjang. Kita sendiri kadang nggak tau kapan kita mulai mencintai sesuatu.
Cinta yang hanya ingin mendapatkan balasan dari orang yang kita cintai itu egois nggak sih? Mereka merasa nggak terima kalo cinta mereka ditolak, lalu sakit hati dan menyalahkan orang yang tadinya kita cintai sebagai sebab kegalauan atau kesedihan kita? Egois bukan? Meminta seseorang untuk mencintai kita juga.
Egois hanya mengandalkan emosi belaka, kalo emosi sudah mendominasi pikiran kita dan perasaan kita maka akal sehat kehilangan fungsinya. Jangan jadikan cinta sebagai sebab munculnya keegoisan kisa, selalu mengharap terhadap apa yang kita beri.
Bukannya gue ge er atau kepedean atau sejenisnya. Banyak yang seing ‘nembak’ gue, ngajak pacaran gue. udah pasti banget kan gue menolak mereka. Gue sebenernya lebih nyaman ketika orang yang suka sama gue nggak bilang secara langsung dan ngajak pacaran gue.
Pada dasarnya insting wanita itu lebih kuat. Setiap wanita tau kok kalo ada yang menyukai mereka Cuma mereka suka pura-pura nggak tau aja kan? Karena mereka lebih nyaman ketika mereka dicintai secara diam-diam hingga saatnya sudah tepat baru deh diomongin kewanitanya untuk kejenjang cinta yang lebih halal.
Kalo udah ditolak gue, ada yang maki-maki gue loh. Dibilang sok jual mahal lah, inilah, itulah. Gue sih cuek-cuek aja. Gue nggak begitu terpengaruh tekanan publik yang menjelek-jelekan gue. cinta dan benci bedanya tipis kan?
Udah bilang katanya cinta pas ditolak malah ngejelek-jelekin. Itulah manusia. Selalu mementingakan diri mereka sendiri. Waktu itu ada mantan gue yang tiba-tiba ketemu kemudian dia nanya ini ke gue “nikah yuk”.
Gue nggak bisa ngomong apa-apa. Selama ini gue menanti-nantikan ada pangeran pemberani yang menanyakan pertanyaan itu ke gue dan disaat pertanyaan itu muncul gue malah bingung. Gue bener nggak bisa ngomong apa-apa. Gue akhirnya menanggapi dan meminta waktu buat berfikir, gue meminta petunjuk sama Maha pemberi petunjuk.
Dan apa…
Entah kenapa ada perasaan ragu dalam hati gue, gue yang awalnya tenang jadi gelisah. Gue kadang emang suka iri kalo liat temen gue nikah, giliran gue kapan? Tapi saat kesempatan itu datang, ternyata gue belum cukup siap.
Akhirnya gue nggak jadi melanjutkan kejenjang yang lebih serius. Semakin hari keraguan gue bertambah dan beberapa minggu kemudian gue liat dia jalan sama cewe. Tuhan itu emang the best banget. Maha pemberi petunjuk bagi hambanya yang ragu.
Kembali lagi ke cinta..
Cinta adalah mereka yang tidak hanya siap menerima cahaya tetapi mereka yang juga berani memasuki kegelapan. Artinya, tidak hanya siap menerima kebahagiaan tapi juga berani menghadapi ujian.
Cinta adalah sesuatu yang mutlak kita akui keberadaannya. Cinta adalah cahaya yang terang di lorong-lorong yang sempit dan gelap. Cinta adalah perasaan yang indah tapi bukan berarti semua keindahan mengandung cinta.
Mencintai berarti memberi tanpa harus mengharapkan balasan. Mencintai berarti menerima tanpa harus banyak menuntut. Tidak berusaha mengubah orang yang kita cintai menjadi apa yang kita inginkan. Kita tidak merubah seseorang karena kita begitu mencintainya, tapi seseorang berubah karena dia begitu mencintai kita.
Ketika kita mencintai seseorang berarti kita harus mempedulikannya bukan menguasainya. Kita akan melindunginya bukan menyiksanya, dan kita tidak akan pernah melakukan sesuatu yang menyakiti hatinya. Kita dapat membohongi orang, tapi bagaimana mungkin orang bisa menipu dirinya sendiri.
Cinta yang hakiki adalah cinta yang timbul karena Allah dan sudah selayaknya setiap orang wajib memiliki cinta. Hidup tanpa cinta adalah kehidupan yang kering.
Gue suka banget sama kata-kata yang ini
“God
If I sould fall in love with someone
Find me the one who loves you, the one
So I’m getting stonger in loving you, the only one”
Seperti kata terkahirnya, temukanlah aku dengan orang yang mencintaiMu, agar bertambah kuat cintaku padaMu. Seperti kata orang bijak berkata seperti ini to love someone is nothing
To be loved by someone is momething
To be loved by someone you love is exciting
But to be loved by the lover is everything
Kata Jackson Brown : people can be divided into three groups
Pertama, mereka yang membuat sessuatu terjadi
Mereka yang melihat sesuatu terjadi
Dan mereka yang menunggu sessuatu terjadi.
Cintamu tidak akan muncul tiba-tiba jatuh dari langit dihadapanmu, itu tidak akan terjadi jika kau hanya berdiam diri.
Selamat mencintai, semoga kau juga bisa dicintai. Semoga kau bisa dicintai oleh orang yang kau cintai. Maka cintamu akan sempurna. Temukan cintamu yang selalu mengajakmu untuk lebih mencintai Allah.
Selamat mencari dan selamat menemukan. Selamat bertemu! Dan semoga cepat disatukan cinta cinta sejatimu. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar