Minggu, 23 Agustus 2015

K.E.M.E.R.D.E.K.A.A.N

sumber gambar : google

Cinta itu Jauh…
Cinta dan kemerdekaan.  Dimana-mana banyak tulisan yang mendefinisikan arti kemerdekaan. Mungkin karena kita baru merayakan momen kemerdekaan kita yang ke 70 pada tanggal 17 Agustus kemarin. Seperti warga Indonesia pada umumnya, upacara kemerdekaan dilalui dengan sangat antusias. Berbagai tumpeng kemerdekaan dibuat untuk menggambarkan senangnya bangsa yang merdeka itu.
Tak mau ketinggalan, berbagai perlombaan diadakan untuk memperingati betapa keras perjuangan para pejuang bangsa dulu. Salah satunya lomba panjat pinang misalnya.. para pejuang bahu membahu merebut gelar kemerdekaan meski letih, meski terinjak, dan meski..meski yang lainnya. Begitulah….
Bagaiamana kalian memperingati K-E-M-E-R-D-E-K-A-A-N?  Tapi apa hanya sekedar sebuah peringatan saja? Kalian bisa menjawab sendiri atas pertanyaan ini, itu jika kalian mau. Pertanyaan seperti ini sifatnya tidak memaksa. Bahkan jika kalian menjawab apa artinya sebuah jawaban tanpa tidakan yang nyata? Ah, sudah lupakan.
Katanya, merdeka itu jika kita berhenti mencerca keadaan sekeliling kita dan mulai melakukan tindakan nyata untuk bangsa. Tuhan mengahdiahkan kita 86.400 detik sehari. Lalu apa yang kita gunakan untuk bangsa? Mari merengung…!!
Katanya, merdeka itu jika kita bisa menguasai diri sendiri untuk tidak menguasai orang lain…
Katanya, merdeka itu jika kita bisa mengendalikan hawa nafsu kita untuk tidak menyakiti orang-orang disekeliling kita…
Katanya, merdeka itu ketika kita bisa memerdekakan orang yang tidak beruntung dari kita…
Katanya, merdeka itu jika kita tidak menjajah bangsa kita sendiri…
Katanya, merdeka itu jika kita bisa melawan perbedaan yang ada..
Katanya, merdeka itu jika kita tidak memusuhi teman sendiri..
Katanya, merdeka itu jika kita tidak iri dengan milik orang lain…
Katanya, merdeka itu ketika kita peduli terhadap bangsa kita sendiri..
Katanya, merdeka itu berbicara tentang diri kita sendiri.
Seperti apa sih, merdeka itu?
Apa merdeka samadengan cinta tanah air? Kata agama gue salah salah satu haditsnya bahwa “cinta tanah air sebagian dari iman” mencintai tanah air adalah fitrah manusia yang wajar bahkan nabi pernah bersabda “Demi Allah, sungguh engkau (kota Makkah) betul-betul bumi Allah yang paling baik dan tanah yang paling dicintai Allah, sekiranya aku tidak dipaksa keluar oleh kaumku, tidaklah aku keluar darimu (Makkah)” (HR Ibnu Majah) betapa nabi mencintai tanah airnya sendiri.
Sudah sepantasnya kita bersyukur karena terlahir diatas bangsa yang merdeka secara fisik. Liat perjuangan para pahlawan terdahulu, yang membuat kebebasan yang kita nikamati sekarang. Kita berdo’a untuk mereka semua, yang memengang bambu runcing untuk mengusir para penjajah, untuk mereka semua yang mengangkat tangan tinggi-tinggi menggemakan takbir diseluruh negeri untuk membebaskan diri dari para penjajah, untuk mereka semua yang telah mengorbankan jiwa, raga dan hartanya untuk kebebasan yang kita rasakan sekarang, untuk mereka semua jihad dan darah para suhada yang membela Negara kita tercinta memerangi penjajah yang menyengsarakan mereka, berdo’alah untuk mereka semua dan bersyukurlah karena kita tidak berada pada kondisi yang sama seperti dulu. Berterimakasihlah dengan mendo’akan mereka.
Semoga kita tetap menjadi manusia yang merdeka, manusia yang tetap berada pada jalan kebenaran. Merdeka adalah ketika kita bisa mendapat ridhoNya. ridhoNya didapat jika kita mengantongi ridho orang tua. Jika ingin menjadi orang yang merdeka, selalu mintalah Ridho orang tua untuk apa yang akan kita lakukan nantinya. “Ridhanya Allah ada pada ridha orang tua, murkanya Allah ada pada murkanya orang tua” mari membuat diri kita merdeka dengan mengantongi ridha orang tua.
Begitupun dengan cinta. Ketika kau yakin akan pilihan cintamu mintalah ridha orang tua. Ridha orang tua jauh lebih penting daripada pilihan yang kau yakini.
Cinta itu jauh…

Sekali lagi, cinta itu jauuuuuh jika kau tidak mengantongi restu orang tuamu. Dan cinta itu jauh jika cintamu tak direstui orang tuanya juga. Mungkin sudah saatnya Kamu harus memerdekakan cintamu juga dengan meminta restu mereka, orang tuamu dan orang tuanya. #eaaa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar