Sabtu, 25 Juli 2015

yang datang Dibiarkan pergi

sumber gambar : google


Hari-hari gue sedang dipenuhi soal cinta. Gue jadi teringat serentetan kejadian sejak tahun 2015 menyapa. Banyak hal yang gue lalui dan banyak juga itu merupakan hal yang sia-sia. Tapi seperti biasa kita tak pernah bisa memutar waktu. Kita akan selalu menyesal setelah waktu berlalu begitu saja.
Kalo orang Indonesia selalu punya jam karet kira-kira jam apa yang dipake oleh ‘menyesal’? gue masih nggak ngerti kenapa dia selalu datang terlambat dan tak jarang dia datang paling akhir saat semuanya tak baik-baik saja berjalan sesuai keinginan kita. Kenapa?
Nggak terasa puasa udah berakhir dan akan segera dirindukan kembali kedatangannya. Gue kadang suka nyengir kuda kalo masa lalu gue tiba-tiba berjalan dengan lambat didepan gue.
Seperti sedang melihat serial drama yang penuh dengan warna. Kadang begitu menakutkan melebihi hantu. Tidak. Hantu itu tidak menakutkan, yang menakutkan itu orang jahat, Manusia yang pura-pura baik.
Kadang seseorang didatangkan kepada kita bukan untuk menjadi takdir kita. Tapi kadang ia didatangkan hanya untuk menguji kita. Ujian akan terus datang hingga akhir waktu, iya kan?
Saat ini gue begitu Labil, itu wajar kan untuk seorang perempuan yang belum bisa dikatakan dewasa? Udah gede sama udah dewasa beda kan? Untuk hal apapun gue belum cukup gede untuk disebut dewasa.
Gue mau cerita soal seseorang yang datang tapi dibiarkan pergi. Sedikit mengungkit masa lalu, dulu saat semester satu gue sempet mau nikah dengan seseorang. Dari informasi yang terpercaya (orang tua gue) katanya dia itu suka sama gue sejak gue SMP dan dia baru memberanikan diri menyatakan cintanya ke gue saat gue duduk dibangku putih abu-abu. Karena dorongan dari orang tua gue, gue menerimanya pada waktu itu.
Ceritanya, dia itu belum punya modal buat nikah tapi udah pengen cepet nikah sama gue. aneh kan? Jadi dia itu menjadi TKI di Taiwan biar dapet duitnya cepet kata orang kerja diluar negri. Yaiyalah, liat aja UMR Indonesia berapa? Eh nggak usah dibahas soal itu.
Kita kembali lagi ke orang itu, orang tuanya dia mendesak biar gue mau tunangan dulu sama dia dan kalau udah lulus baru deh nikah tapi kalau gue kuliah dia bakal kerja diluar negeri lagi kurang lebihnya gitu.
Dan gue menolak itu pada saat itu. Bukan gue nggak mau nikah sama dia, gue mau Cuma guenya yang nggak bisa. Alasannya nggak bisa gue sebutkan. Intinya gue masih muda, gue nggak mau aja jadi orang yang nggak menikmati masa muda gue apalagi gue orang yang nggak bisa LDR.
Kata mama, menikah itu ngejalaninya bakal lama, seumur hidup jadi jangan terburu-buru harus dipikirkan baik-baik (nasab, nasib, nisob) #eah
Dan waktu berjalan, pas gue udah kuliah saat gue dipondok. Gue mendengar kabar kalo dia menikah dengan seorang perempuan dari kota yang selalu bercahaya (Cilacap). Gue sedikit syok. Kok bisa? Perasaan putus dari gue baru beberapa bulan udah mau nikah aja.
Tuhan itu adil kan? Dari segi psikologis saat itu gue belum siap menikah sekarangpun sebenernya juga belum siap. Tapi kata orang menikah itu bukan masalah siap atau tidak siap. Tapi sampai sekarang gue masih menjaga hubungan baik dengan orang itu. Dia beberapa kali masih suka silaturahmi kalo lebaran kerumah gue bareng istrinya beserta anaknya. Karena dia emang udah deket banget sama keluarga gue, terutama mama gue.
Kemudian orang-orang datang ke kehidupan gue, silih berganti. Selama gue kuliah dan hampir mau selesai setidaknya ada lima orang mungkin yang ngajak gue nikah. Gue jadi mikir, mungkin umur gue udah pas kali ya buat diajak kea rah situ? Dulu gue kan masih suka pacaran jadi kalo diajakin nikah itu adalah momok yang menakutkan. Ngapain nikah muda?
Dan sekarang saat gue pengen nikah nggak ada deh yang ngajak nikah. Derita gue. #ehh
Sebenernya gue sih mau nikah, tapi bukan sekarang. Setelah gue wisuda. Tapi nikah itu kan Rahasia Allah. Kemarin juga belum lama, saat gue KKN gue dicomblangin sama sodara gue. gue disuruh kenalan dulu sama kenalannya sodara gue, karena gue nggak enak sama sodara gue akhirnya gue mau deh PDKT dulu, aslinya gue males banget.
Saat pertama kali ketemu sama dia, hati gue langsung menolak. Gue nggak mau sama orang itu. Akhirnya gue memikirkan berbagai cara biar dia yang mundur duluan. Gue kasih mentahannya gue. gue nunjukin langsung semua sifat gue. dari super duper cueknya gue, de el el
Seminggu dua minggu dia masih intens kepoin gue ini dan itu, guepun ngejawab semau gue. lalu tiba saatnya dia bilang dia mau ngelamar gue, meminta gue ke orang tua gue. biasanya cewe kan bakal klepek-klepek kalo ada yang bilang mau dilamar. Gue sih enggak.
Gue bilang tuh, gue nggak mau dululah lamar-lamaran kaya gitu. Gue kan lagi KKN, belum ngerjain skripsi pula. Alasan pendidikan itu selalu jadi nomer one buat gue. gue bilang ke dia biar saling kenal dulu baru deh kalo dia udah mantep boleh ngomong ke babeh kalo putri kesayangannya akan dijadikan sebagai permaisyuri #Jajajaja
Gue kan setiap hari ngasih mentahannya gue kaya gimana, dan mungkin karena dia nggak bisa mencintai gue apa adanya, dengan segudang kekurangan gue akhirnya lama-kelamaan dia mundur. Dia udah jarang ngasih sms yang selalu gue cuekin, bla bla bla dan akhirnya dia menyerah untuk meminang gue.
Sebenernya dia itu baik, tapi hati gue menolak kebaikannya. Bego banget gue, yang datang dibiarkan pergi. Gue nggak suka aja, dia itu ngrokok, gue paling benci sama cowo perokok. Kemudian dia itu agamanya kurang, gue pengen suami gue kelak punya pendalaman agama yang lebih dari gue, yang selalu menstabilkan keimanan gue yang suka naik turun.
Selain itu, bahasanya juga kasar dan dia itu cuek nggak perhatian. Gue tuh orang yang cuek dan gue nggak mau dapet orang yang cuek juga. Gue itu wanita, dan wanita itu nggak bisa hidup tanpa perhatian, iya kan? Semua pria tau kalo wanita nggak bisa hidup tanpa itu.
Gue suka ketika cowo gue nanyain udah makan belum? Udah solat belum? Udah mandi belum? De es be. Gue suka diperhatikan untuk hal-hal kecil yang kadang gue suka lupa dan melupakannya. Gue paling sebel kalo pacar gue nyuekin gue seharian tanpa kabar. Dia lagi ngapain, dimana, sama siapa, gue nggak bisa hidup dengan hubungan seperti itu.
Dan gue paling sebel kalo ada cowo yang deketin gue, selalu sms gue tiga kali sehari kaya minum obat, nanyain gue ini, itu, gue sebel sama orang yang sok deket. Emang dia siapanya gue? #hahaha
Gue itu susah dimengerti, makanya gue nyari pendamping yang bisa ngertiin gue. dan belum lama, ramadhan kemarin. Mantan gue dulu banget tiba-tiba sms gue ngajak ketemuan katanya ada hal penting yang mau diobrolin.
Gue kan bukan tipe yang suka basa basi, jadi gue pengen dia langsung ke poin yang mau diomongin. Katanya dia itu pengen ketemu ortu gue, boleh apa kagak gitu. Lalu gue nanya ketemu buat apa? Gue suka menjawab jawaban dengan pertanyaan. Bertanya adalah hobi gue.
Katanya lagi, dia itu pengen ngobrol serius dengan babeh soal gue. katanya pula, dia itu mau keluar negri buat kuliah. Gue Tanya mau kemana dianya nggak njawab, malah bilang ada lah. Aneh, emang gue nggak berhak tau ya?
Dia sebenernya pengen mastiin dia masih ada harapan apa enggak hidup sama gue. ceritanya dia itu cinta mati banget sama gue, katanya. Gue langsung bilang blak-blakan banget kalo nggak akan ada harapan, kecuali jika ia terus berharap pada-Nya.
Katanya dia juga belum siap buat nikah, katanya minimal taun depan dia siap. Terus ngapain ngomong serius kalo belum siap? Bikin dosa aja. Yang jelas gue bilang udah nggak ada kesempatan. Gue sih nggak bilang alasan sebenernya ke dia. Bukan nggak bisa, tapi gue nggak mau.
Ketika kita disakitin orang lain, bukan berarti kita juga harus menyakiti orang lain juga. Pedoman gue sih seperti itu. Sebenernya sih gue masih sakit hati sama dia, banget.
Ceritanya. Pada jaman dahulu kala, dia itu pernah ngerjain gue lewat sms. Dia mengaku sebagai temannya padahala itu dia sendiri. Dia ngatain gue ini dan itu pokonya bahasanya nggak bermoral banget. Seumur hidup gue Cuma dia yang ngehina-hina gue kasar banget seperti itu. Kalo ngehinanya itu suatu kenenaran sih gue masih bisa terima, dia ngata-ngatain gue yang nggak sesuai dengan gue. intinya gue itu keliatan nista banget dimata dia, dia ngakunya senagai temannya dia padahal itu dirinya sendiri.
Saat itu gue nangis darah, gue cerita ke mamah. Gue heran kenapa ada orang yang ngatain gue untuk hal-hal yang nggak pernah gue lakuin. Gue sedih banget kala itu. Gue sakiiiiit banget intinya. Nggak bisa digambarin deh sakitnya kaya apa.
Gue jadi mikir, katanya dia cinta ke gue. tapi kenapa harus seperti itu bentuk kecintaanya? Dengan menghina-hina gue. mungkin dia udah lupa, tapi gue masih inget dengan jelas setiap kata-kata yang diucapkannya.
Gue berusaha memaafkan, karena gue bukan orang yang suka ngebenci orang. Gue sebisa mungkin nggak ngeliat mukanya, biar gue lupa sama omongannya. Tapi dia selalu ngejar-ngejar gue seolah-olah dia itu makhluk tersuci didunia.
Sebenernya ilmu agamanya baik, tapi dia mencintai manusia secara berlebihan dan buat gue itu bukan sesuatu yang baik. Gue udah masukin dia ke black list abadi gue.
Dan masalahpun datang, temen-temennya datang menyalahkan gue. katanya gue nggak tau dirilah, inilah, itulah. Katanya gue penyebab terpuruknya dia, penyebab frustasinya dia, dan gue adalah penyebab segala-galanya buat dia kata teman-temennya. Buat gue itu beban berat buat psikologis gue.
Dan gue memutuskan untuk mengulurkan tangan gue. gue sesekali menyapadengan maksud biar temen-temennya seneng dan gue nggak disalah-salahin terus. Gue menyamngatin dia biar terus menjalani hidup tanpa gue. gue nggak mau jadi penyebab terpuruknya hiddup seseorang.
Gue kurang baik apa coba? Gue menekan rasa sakit gue demi dia. Dan gue nyoba minta tolong kedia. Gue bilangnya buat tugas kuliah gue, sebenrnya nggak ada tugas seperti itu, gue Cuma pengen tau seberapa care sih dia ke gue. dia dengan senang hati membantu gue, menurut gue sih gitu.
Tugas gue udah selesai, dia cepet banget mengerjakan tugas dari gue. dan dia sms minta ketemu sma gue buat nyerahin tugasnya. Saat itu gue lagi di cendana, gunung bunder. Lagi acara Pecapa *Pramuka*
Otomatis gue nggak bisa ketemu kan.katanya dia buru-buru mau pergi ke jogja atau keman gitu waktu itu. Jadi gue minta tolong kedia buat nganterin itu kerumah gue ditiitpin sama orang yang ada dirumah gue.
Gue kira keputusan gue itu nggak salah. Rumah gue adalah tempat teraman buat gue, tai dia memahaminya lain. Dia mengira gue nggak mau ketemu sama dia. Pokonya dia selalu punya pikiran buruk dengan gue.
Dia bilang gue gak tau berterima kasihlah, inlah, itulah. Katanya dia ngebela-belain nunda keberangkatannya demi gue. dan gue malah nggak tau terimakasih dan nggak mau ketemu sama dia. Gue ngejelasin kedia posisi gue yang nggak memungkinkan. Tapi dia nggak bisa ngerti. Gue sih nggak membenci mereka yang nggak bisa ngertiin gue, Cuma menyayangkan aja. Gue jarang banget mau menjelaskan keslahpahaman orang tentang gue, tapi gue dengan rela menjelaskan keadaan gue dan dia tetep nggak mau ngerti.
Itu sifat buruknya yang gue nggak suka. Dia curhat dengan teman-temannya. Otomatis menjelek-jelekkan gue dan dengan pemahamannya tentang gue. dan temen-temennya langsung meneror gue. ngatain gue ini dan itu. Intinya gue adalah cewe yang nggak tau terimakasih.
Terutama mas Luthfi dan mas Nabil. Kalian Cuma mendengarkan dari sebelah pihak. Dan mereka lebih mempercayai pemikiran sahabat mereka. Gue sebel banget dan gue nggak ada rencana menjelaskan kemereka. Bukan karena gue nggak bisa, tapi gue nggak mau.
Sampai ada kata-kata yang begitu menyakitkan. Ada mas-mas yang bahkan berasa Tuhan. Tau mana yang paling bener, ngrasa dirinya paing bener. Memberikan dalil yang panjang kali lebar.
Selalu berakhir buruk padahal niat gue baik.gue mau mencoba menjaga silaturahmi yang sempet terputus sama mantan gue itu. Dan saat itu gue udah nggak mau tau lagi apa yang terjadi sama orang itu. Dan dengen pedenya dia datang lagi kegue kemaren saat Ramadan. Seolah-olah dia makhluk tersuci didunia. Gue ilfil banget, tapi gue selalu menahan semua itu.
Gue selalu memberikan senyuman meski gue nggak pengen tersenyum. Gue nggak benci sama orang itu, gue hanya ‘nggak suka’ aja. Dia datang, dan dibirkan pergi.
Dan banyak yang datang, lalu gue biarkan pergi begitu aja. Bukan karena gue pengen dapet yang terbaik. Gue hanya mencari sesoerang yang mengajak gue untuk hal-hal yang baik. Tuhan tau apa yang gue rasain.
Gue bener-bener gak mau nikah sekarang. Gue mau nyelesein pendidikan gue dulu, dan gue lagi memperbaiki diri. Allah tau gue lagi berjuang untuk hal-hal baik dan semoga perjuangan gue gak sia-sia nantinya. Siapapun jangan racuni gue untuk nikah cepet ato semacamnya. Apalagi pacaran! Gue akan menolak keras! #arg!!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar