Senin, 10 November 2014

Di TAMPAR dosen


sii dosen NAMPAR gue

keliatannya judulnya serem banget yak? tapi emang itu dosen "nampar gue kok"
oke, gue ceritain dari awal. Hari ini adalah hari pertama gue kuliah setelah dua minggu kemaren menempuh uts yang kata temen temen bikin pusying, gue si enggak ngrasa pusing tuh. pusing itu karena mereka belajar, mereka mikir jadinya pusing. gue si engga, belajar juga engga. Kalo lagi UTS kepala gue suka tak taro dulu bentar. anak anak indo tuh belajarnya kalo mau ujian apa kalo ada PR doang, ngrasa sebel jadi bagian dari orang indo yang ini. tapi gue bangga kok jadi warga indonesia.
nah nah ceritanya udah mau melenceng nih, gue kan mau cerita tentang si dosen yang "nampar" gue keras banget. pagi pagi buta , jauh jauh sebelum adzan subuh berkumandang gue bangun dan meminta banyak banget permintaan sama Allah sambil nangis nangis(menghayati gitu ceritanya) gue kan cewe yang banyak maunya, dan gue yakin Allah bakal menuhin semua permintaan gue (catatan: yang menurut dia baik buat gue aja yang dikabulin) satu persatu, gue yakin banget soal itu. tadaaaaa singkat cerita adzan subuh sayup sayup mulai terdengar, sebagai orang yang lagi rajin (biasanya gue suka nunda shalat gitu, alasan ntardululah, tanggunglah intinya kadang suka nunda, astaghfirullah) gue solat subuh tepat pada waktunya, alhamdulillah yah.
sabaar, gue mau cerita dulu sebelum gue dapet tamparan yang menyakitkan dari tu dosen. abis subuhan gue bantuin mama gue masak, tumben banget pagi pagi udah mau bikin sarapan. menunya bakwan jagung. enak banget bakwan bikinan mamiii gue, kalian harus nyobain kawan. well, gue ngebantuin mama gue itung itung gue belajar masak menjadi istri yang baik kelak buat suami gue. (mendadak jadi pengen nikah muda) # tepok jidat
gue berangkat kuliahnya pagian jam tujuh kurang, padahal kuliah masuk setengah sembilan. kenapa? karena.. bukan mau buka gerbang kampus (satpam kampus melaksanakan tugasnya dengan baik kok) terus kenapa dong? kalian jangan beranggapan karena gue anak rajin ya yang berangkat gasik mau piket dulu. tidak, bukan itu. gue berangkat pagi karena gue nganter ade gue dulu pergi kesekolah. gue kan teteh yang baik.
nah, abis nganter ade gue. gue jadi bingung mau ngapain makanya gue ke ukm olah raga. biasanya ada si riza, ole, uji, alfam ato sapalah penghuni ukm yang suka cerita cerita bareng tapi kalo ada alfampun gue lagi gak coi sama makhluk yang satu itu. gue ngrasa sedikit kecewa sama dia, nggak sedikit, sangat. kenapa kecewa? dia mungkin aja nggak ngrasa sedikitpun ngecewain gue. udah jangan dibahas, nanti ujung ujungnya kemana mana, ini bukan konsumsi publik, stop ngomongin makhluk jelek yang nyebelinitu
dan hari ini mereka nggak ada. Well, gue akhirnya melenceng, pindah haluan ke rumah gue (sanggar pramuka) entah itu rumah keberapa gue. naaa tapi gada orang juga  pada kemana si manusia manusia? apa pada pindah ke planet lain? kok gak ada pemberitahuan di tipi, mereka tau kan kalo 2012 gak jadi kiamat. ampun deh.
gue akhirnya memutuska menonton serial drama gitu, judulnya *it's ok, that's love* gue seneng banget ceritanya. ceritanya tentang mereka mereka yang punya gangguan jiwa. gue seneng banget karena gue sebenernya dulu pengen ngambil psikolog tapi ternyata Allah sama orang tua gue ngebuat kesepakatan tanpa sepengetahuan gue dan akhirnya gue masuk jurusan pendidikan deh. gue gak nyesel kok, ini pilihan tuhan sama orang tua gue. pasti ini yang terbaik buat gue. tapi gue masih tetep seneng dan tertarik banget sama yang berbau gituan. kalian nonton deh filmnya. dijamin kalian gak bakal nyesel. Haha
tadaaa, waktunya kuliah. gue berangkat duluan ke kelas secara gue udah mule rajin kuliah gitu. belum ada orang, dan satu persatu temen temen kelas gue berangkat. lama, kita nungguin dosen, agak lama. eh lama si sebenernya. kadang gue heran kenapa dosen suka banget bikin mahasiswanya menunggu. nunggu jodoh dateng aja lama nah ini disuruh nunggu dosen pula. karena gue anak baik, gue mau nunggu.
lamaa, akhirnya sang kosma pilihan kita kita pak ipin mimpin mengambil alih kelas. dia menugaskan anak buahnya khotibul iman buat mimpin diskusi. tema diskusinya "menjalankan bisnis sebage hobi" nah perdebatanpun berlangsung cukup panas, mungkin karena efek kelasnya yang panas, secara AC itu nggak berfungsi, seolah olah mereka dipasang hanya sebagai pajangan. miris, tidak difungsikan sebagaimana fungsinya.
oh iya, sebelum diskusi tadi kita nyanyi dulu. mengheningkan cipta sama padamu negri. sebagai warga negara yang baik kita kita mengenang jasa para pahlawan, ingat ya ini tanggal 10 november. kalian nggak lupa kan sama hari bersejarah itu. aku yakin kalian semua inget. Ini fotonya

bisa diliat juga di youtube, udah gue unggah kok, ini linknya klik disini   klik disini ya tapi engga gue edit, lagi males.
Kembali lagi, ditengah tengah diskusi yang semakin menarik, mendadak ada seseorang yang tiba tiba masuk kelas (dosen) biasalah kedatangan mereka suka tiba tiba dan ngagetin gitu, maklum doseeen. seketika kelas hening dan diskusi terhenti sejenak. meski abis itu dilanjut lagi dan diakhiri dengan kesimpulan yang menggantung.
suasana mendadak jadi horor, kayaknya matahari juga lagi mendung, mau hujan mungkin. jangan jangan lagit juga ikutan galau. ceile kaya gue aja gegana (gelisah galau dan merana) makanya akhir akhir ini awan awan diatas sana pada nangis. sekarang gue tau sebabnya itu karena mereka lagi galau. mungkin peri peri yang tinggal diatas sana lelah menghibur sang awan. stop, ini lagi horor ya jadi jangan bicara soal peri dulu. waktunya tidak tepat.

kenapa horor? mendadak si dosen jadi serius gitu. mukanya pokoknya serius banget deh, gue tegang tapi yang lain mungkin enggak. tapi gue tegang men. alamaaak, jadi gue yang tegang sendirian nih. jahatnyah kalian!

biasanya nih kalo dosen unmood gitu karena ada masalah dirumah yang dia bawa ke kampus juga. gue sih gak mau nanya kenapa ke itu dosen, secara orang orang jaman sekarang tau sendiri kan ya, tanya sedikit aja langsung dibilang kepo, kan niatnya gue perhatian. tapi lupakan gak mungkin aku nanya juga kan? iya kan? gak mungkin juga tiba tiba sang dosen bilang ke gue *ihh kepoo deh* lucu kan. mana gak ada tampang bercanda itu dosen.

liat muka dosen masih serius gitu. duuih, gila itu orang serius banget. hidup itu jangan serius serius amatlah ya, stay cool aja. tapi tidak dengan dosen itu, kalian juga ngrasin kan kan kalo itu dosen terlalu serius kali ini. yang setuju angkat tangan.
suasana kelaspun semakin mencekam, mungkin gue aja yang ngrasa gitu. enggak kok banyak muka muka tegang dikelas bro. jadi gue gak sendiri. dosen mau mengecek buku harian kita kita (apesnya gue gak bawa) tapi gue gak sendiri, ada 23 mahasiswa yang gak bawa juga, jadi gue gak sendiri apesnya. Horeeee
jangan heran kalo gue seneng. biasa orang indo kalo salahnya bareng bareng pasti seneng, ada temennya yang ikutan salah, gak sendirian. kalian lebih seneng ada temen kan daripada sendirian. ngaku deh, buat ngajalanin hidup aja kita syuu syaah payah mencari teman hidup, dan gue juga belum nemuin teman hidup gue. mungkin waktunya belum tepat, dalam hal ini gue harus nunggu lagi. ya ampun seolah olah gue terlahir cuma buat nunggu. gila itu tuhan, subhanallah banget.

Ceritanya nih, gue ngeliat ada asap yang mengepul diatas kepalanya kayak yang dikartun kartun itu. si dosen kesel banget kayaknya, engga kayaknya lagi emang kesel banget kok. secara dia dateng jauh jauh dari rumahnya yang nggak tau dimana ketaknya dengan niat yang amat mulia mau membagikan ilmu yang dia punya. mulia banget kan dosen, makanya ayo jadi dosen aja kawan!
udah si dosen niat banget kita kita kaya gak respeck gitu ke dosennya. terbukti kok, ada yang ngobrol sendiri ( sebenernya gak ngobrol sendiri kok, ada temen ngobrol) mainan hp sendiri, maklum anak anak sekarang mainnya sama sosmed tau efeknya kan bisa menjauhkan yang dekat, sialnya lagi ada yang cuma parkir bokong. gue si gak termasuk yang parkir bokong itu. secara ya gue niatnya pamitan dari runah ke orang tua gue untuk menimba ilmu, soal dikampus ngapain itu udah perkara lain. jadi kalo ada yang kekampus parkir bokong doang segera lurusin niat deh, masih belum terlambat.
jreng jreng kembali lagi ke dosen yang lagi ngoreksi buku harian yang hanya beberapa anak aja yang bawa ( yang pada ruuajin). daaaan terjadilah, dosen itu "menampar" gue dengan tamparan yang sangat keras. jleb banget, sakitnya tuh disinii *haha*
iblis dan cucu cucunya ketawa keras banget, ngetawain gue gitu. enyahlah kau iblis, doyan banget mengganggu ketenangan hidup manusia, jadi kawan awas ati ati kalo tiba tiba setan pada ngegodain kalian. jangan salahin mereka, itu hobi mereka kok dari lahir. so, berhati hatilah kawan. ayo istighfar dulu, astaghfirullah. Kalo ngrasa pernah kegoda segeralah bertobat dan kembali kejalan yang benar biar mereka mereka gak ngetawain kita mulu.

setelah iblis dan cucu cucunya ngetawain ngejek gue. siapa sih merekaa? emang mereka oke? ngetawain, ngejek ngejek? ish, sebel. bhahaha
dosen bilang "saya nggak suka kuliah dengan orang yang tidak serius. saya tidak mau mengajar kalian lagi kalo kalian tidak serius, saya nggak suka ya main main" itu omongannya ditulis pake bahasa gue.
nah sebenernya, itu maksud tamparan gue. bukan tamparan yang tangan dosen nampar muka gue. bukan itu kok, lagian tuhan nyiptain tangan kita itu buat merengkuh dan melindungi orang yang kita sayang. itu fungsi tangan kita sesungguhnya. itu dosen kan sayang sama gue jadi dia gak ngegunain tangannya buat nampar. ya Allah jauhkan hamba dari perbuatan seperti itu. senenyakitkan apapun hidup ini jangan biarkan gue ngegunain tangan gue buat nyakitin orang yang gue sayang. ya Allah, amin. kalo gue nampar berarti gue gak sayang. gitu aja kan ya Allah, simple.
kalian kalo dibilang kayak gitu sama dosen, ngrasa ketampar juga gak? gue si ngrasa banget, sangat. emang ya lidah tak bertulang, bisa nyakitin orang tanpa melukai fisik orang lain. wah, senjata yang tuhan ciptain keren banget. sumpah, pedang aja kalah tajamnya sama lidah, yaiyalah secara pedang itu cuma buatan manusia. pada setuju kan sama gue? kalo gak setuju berarti gak percaya sama tuhan, masuk neraka ntar kalian. gausah mikir panjang mending setuju aja udah sama gue. Oke
gue sempet berfikir lama. gue mikir, akhirnya otak gue dipake juga buat mikir. tak tok tak tok jam berjalan kayak pelan banget, efek berpikir keras kali ya jadi waktu terasa pelan. gue sakit banget, gue ditampar keles. yang ada di otak gue saat itu hanya ada kata kata ini doang *gue nggak serius selama ini* gue berpikir keras lagi.


 
emang iya ya gue gak serius, kuliah yang gue jalanin hampir empat tahun ini ternyata gue itu emang gak serius. gue sadar banget, gue ngejalaninnya setengah setengah. banyakan mainnya ketimbang seriusnya. kalian ngrasa gitu juga gak bro?
                                                     
gue mikir lagi ternyata sebagian hidup gue dijalani dengan tidak serius. SMA selama 3 tahun gue juga gak serius serius amat banyak badungnya, SMP yangbgue jalanin selama tiga tahun juga gue jalaninnya gak serius serius amat banyak jailnya, SD nih ya yang gue jalanin selama 6 tahun, gue ngejalaninnya ternyata juga gak serius serius amat, banyak becanda becandanya. nah pas TK gue ngejalaninnya selama setaun juga gak serius serius amat, masih banyak mainnya (emang TK itu main kok belajaranya) seneng seneng gitu. jadi selama tujuh belas taun gue sekolah (menuntut ilmu) gue ngejalaninnya dengan nggak serius! TUJUH BELAS TAHUN! gila, itu menghabiskan waktu sebagian besar umur gue saat ini. dan gue nggak serius!
oke fiks, sekarang gue berfikir. gue berterimakasih banget sama itu dosen. gue dapet pencerahan gara gara tamparan yang dadakan itu. diatas kepala gue jadi ada lampu yang bersinar terang kaya yang ditifi tifi itu loh. coba bayangin, bayangin aja ya. itu tandanya gue dapet ide.
apa itu idenya? nah pasti pas ngaji kalian pada pernah denger ini kan "Allah tidak akan merubah nasib suatu kaum, apabila kaum tersebut tidak mau merubahnya" yah intinya seperti itulah ya. nah gue punya kemauan, gue mau berubah. gue mau berubah, gue mau serius. kasian babeh gue, dia kerja banting tulang buat putri pertamanya ini malah guenya gak serius serius amat sekolahnya. maafin gue ya beh. 
pikirague terlempar ke buku harian gue dirumah yang entah gue taruh dimana. kebiasaan buruk gue itu suka sembarangan naruh barang. gue bakal rajin nulisin itu buku. gue janji. awalnya gue nulisnya seminggu sekali langsung diborong, udah gitu kata katanya singkat banget iya singkat, jelas, padat, dan tidak berisi. itu menandakan kalo gue emang gak serius.
gue nulis itu ya cuma karena tuntutan dari dosen. gue gak ikhlas gitu nulisnya, tapi sekarang enggak lagi. maafin gue ya pak dosen. gue bakal rajin, bisnis gue yang ngejalaninnya gak serius juga saat ini gue bakal seriusin. sebenernya lumayan banget hasilnya. bego banget si gue, itu dosen kan nunjukin gue jalan yang benar. jalan yang ntarnya nganter gue jadi orang sukses. oh men, gila itu dosen sebenernya mulia banget niatnya. kemana aja gue selama ini. Hiks
gue mau berubah, gue nggak telat kan disemester tujuh ini yang nantinya berakhir dibulan desember. yah, gue bakal berpisah sama temen temn gue, mendadak jadi sedih gue. gue gak bakal gak liat mila lagi, terus siapa dong yang aku bully? gak liat fian lagi, yang hiasanya ngejailin gue, gak liat rofik lagi yang biasanya bagi bagi permen gratis, gak liat mas anam lagi yang biasanya ngasih nasehat nasehat berharga kalau gue lagi ngambekan sama alfam. gak liat anggi sama mba erna lagi, yang setiap saat gue tebenging kosannya buat tiduran gratis disana. gak liat ela cilik lagi, yang mau ngabisin sambel gue, gak liat wawa lagi yang bisa gue ajak buat nemenin gue kemana mana. gak liat anisaul lagi yang suka ngingetin gue banyak hal, gak liat alfam lagi yang nyemangatin gue, teriak teriak *ayo semangat, ayo semnagat* haha, boong. dia nggak bakal mungkin teriak teriak kaya gitu. itu hasil imajinasi gue aja. nah gue gak ketemu mereka mereka lagi. sedih gue, ternyata masa kuliah sesingkat kedipan mata. perasaan baru kemaren gue ketemu mereka. oke, cukup gue lagi gamau nangis.

mule sekarang, ayo kita serius teman. cuma kita sendiri yang bisa ngrubah diri kita. bukan orang lain atau mereka mereka yang ada diluar sana. kalian berdiri dan ngaca didepan cermin, kalian liat orang yang ada didalam cermin itu. nah orang itu harus kalian semangatin supaya dia sukses yang dia bisa ngebahagiain orang yang dia sayang. ingat cuma kamu yang bisa mensuport orang yang ada didalam cermin itu.
gue sekarang punya rancangan yang indah banget. semester sekarang gue mau fokus kukiah sama bisnis gue, semester depan ngajuin judul, terus seminar, terus kompre, terakhir munakosah dan akhirnya gue wisuda, amin. gue bakal diwisuda bro dengan gelar cumluade dan orang tua gue pasti bakal seneng banget anaknya ikut sepuluh besar. duile, impian gue indah banget mamen. secara ya, selama ini kan kalo wisuda gue cuma jadi petugas yang ngebawain ijasah ijasah mereka. ngebawain hadiah hadiah mereka. dulu banget pas pertama gue jadi petugas, gue ngebawain hadiah buat mas alfalisado anak syari'ah yang dapet peringkat pertama bro. gila, hadiahnya banyak banget, dan kamu tau. bapaknya dia matanya berkaca kaca, gue pengen babe gue juga ngrasain kaya gitu. bangga anaknya jadi yang terbaik. gue nyesel banget selama gue kuliah IP gue standar standar aja, nah mana bisa gue jadi yang pertama. naaa makanya yang baru kuliah semester awal, ayo kuliahnya yang serius.
 
pas wisuda kemaren juga, mas sutrimo yang jadi pemenang terbaiknya, gue ikut salaman juga abis pak lutfi, gue kenal mas trimo juga. pasti dia seneng banget ya, beruntung banget dia gak kaya gue selalu aja ada alasan yang ngebuat gue sakit. haha lebay
gue gak mau terus terusan jadi petugas yang mendampingi pak lutfi ngasih hadiah hadiah. gue juga pengen dikasih hadiahnya, ya Allah tolongin gue dong. niat gue ini kan mulia pengen bikin babeh gue bangga punya anak cantik dan sepintar gue. dikabulkan ya, ya Allah.
oke setelah kuliah selese, gue mau ambil kelas bahasa selama setaun setengah. bahasa inggris dan jerman. bro gue pengen s2 bro, gue pengen jadi diri gue sendiri. kenapa gue milih jerman? karena disana pendidikannya keren banget bro.
gue pengen ngambil jurusan Heilpädagogik, apa itu? search aja d mbah google. tapi nggak perlu, gue kasi tau sedikit. itu jurusan mempelajari orang orang yang punya spesial need, ya semacam itu. nah itu gue banget, ntah kenapa gue selalu tertarik sama mereka mereka penyandang kaum difabel.

gue pengen banget, entah ditahun yang keberapa suatu saat gue bisa mendirikan
sebuah yayasan dimana anak anak spesial need itu punya wadah yang mau nampung, mengembangkan bakat bakat mereka yang terpendam. gue selalu ngrasa kasian sama orang orang difabel, suka di anggap remeh sama mereka mereka yang dikasih karunia utuh sama tuhan.
jadi suatu saat kalo kalian cari di mbah google dimesin pencari yang bakal keluar disana bukan lagi peri gigi kelinci dengan dongeng dan cerita ceritanya melainkan adalah peri gigi kelinci yang punya yayasan khusus buat orang orang yang punya spesial need. gila bangga banget gue, selain itu ya buku buku gue tentang kaum difabel bertebaran dimana mana di toki toko buku seluruh indo, wuiih makin bangga aja gue. Buku gue bakal dijadiin referensi sama anak anak yang ngerjain skripsi tentang kaum difabel, bangga banget gue dimasa yang akan datang nanti. Amin
gue gamau jadi anjing anjing orang cina, atau jongos mereka. duile kasar banget gue ngomongnya. gue bakal punya yayasan sendiri, gila gue yang punya bro. keren banget kan meen. selain gue jadi diri gue sendiri, orang tua gue pasti bakal bangga banget punya anak kaya gue, abis itu gue mengabdikan diri gue untuk bangsa, tanah air tercinta kita ini. bro, gue punya yayasan bro.
ya Allah,permudah jalan gue menuju kesana. gue pengen banget jadi apa yang gue mau. tujan, rencana gue itu indah kan? gue tau rencanaMU jauh lebih indah. kabulin ya ya Allah. plis, gue mohon. udah aja, makasi ya pak dosen atas tamparan ini. sekali kali ternyata tamparan itu perlu untuk ngebuat kita sadar. oke men, dan jangan lupa mulai serius dalam hidup, tapi jangan serius serius amat juga biar gak cepet tuek.

Salam, hugs hugs buat semuanya kissu kissu :****


Tidak ada komentar:

Posting Komentar